1.1 Latar Belakang
Pada saat initeknologi informasi telah berkembang dengan sangat pesat. Perkembangan itu
salah satunya ditandai dengan keberadaan internet yang menyediakan berbagai
layanan. Bentuk layanan yang dihadirkan internet sejatinya sangat berguna dan
membantu bagi kehidupan manusia. Mulai dari akses data, informasi aktual,
iklan,komunikasi, dan sebagainya. Perguruan
Tinggi seperti AMIK Wahana Mandiri pun memerlukan kemajuan teknologi dalam
kegiatan pengolahan data-data pembayaran perkuliahan.
AMIK Wahana Mandiri adalah sebuah
organisasi yang bergerak di bidang pendidikan merupakan lembaga yang
membutuhkan pengolahan data administrasi keuangan yang lebih terintegrasi dalam
menjalankan kegiatan administrasi biaya kuliah mahasiswa. Begitupun dari segi
media arsip juga perlu ditingkatkan agar data-data tersimpan dengan aman,
Dengan dibuatnya sistem yang baru diharapkan dapat membantu dan meningkatkan
kinerja karyawan dalam suatu perusahaan, sehingga informasi yang disampaikan
akan lebih efektif.
AMIK Wahana Mandiri sudah menggunakan
Sistem Informasi Biaya Kuliah untuk pengelolaan data menggunakan sebuah
aplikasi berupa Microsoft Visual Foxpro 9.0. Sistem ini sudah digunakan dalam
beberapa waktu, ternayata user atau penggunaan sistem ini masih menemui
kesulitan dalam penggunaan sistem tersebut. Meskipun sistem yang ada sudah
terkomputerisasi, namun belum berjalan secara maksimal sehingga perlu dilakukan
pengembangan sistem agar data yang sudah ada dapat terintegrasi dengan baik.
Sehubungan dengan alasan tersebut, maka
penulis mencoba merancang pengembangan sistem biaya kuliah untuk memecahkan
masalah yang terjadi yang akhirnya penulis tuangkan ke dalam pembuatan Tugas
Akhir yang berjudul “Pengembangan Sistem Informasi Pembayaran Kuliah Pada AMIK
Wahana Mandiri Menggunakan PHP dan MySQL”
1.2 Permasalahan Penelitian
Pengelolaan data administrasi keuangan
di AMIK Wahana Mandiri sudah ada dalam menjalankan kegiatan administrasi biaya
kuliah mahasiswa. Namun belum memiliki sebuah sistem informasi pembayarankuliah yang berjalan secara
maksimal, sehingga perlu dilakukan pengembangan sistem agar data yang sudah ada
dapat terintegrasi dengan baik.
Sistem
Informasi yang nantinya dibuat dengan tujuan akan bermanfaat bagi Biro
Administrasi Umum (BAU) untuk mengelola administrasi dari tiap mahasiswa secara
terkomputerisasi dan langsung mencetak laporan tersebut secara otomatis.
1.2.1. Identifikasi dan Pembatasan Masalah
Berdasarkan
observasi maka didapatkan identifikasi masalah sbb:
1. Belum terintegrasi dan berjalan dengan baik Sistem
informasi pembayaran kuliah terdahulu yang ada di AMIK Wahana Mandiri.
2. Belum
berjalan sesuai kebutuhan pengolahan data transaksi biaya kuliah terdahulu yang
ada di AMIK Wahana Mandiri.
3. Belum
berjalan sesuai kebutuhan program aplikasi yang digunakan untuk mengelola data
biaya kuliah mahasiswa di AMIK Wahana Mandiri.
1.2.2. Ruang Lingkup Masalah
Adapun yang menjadi ruang lingkup masalah tersebut
adalah sebagai berikut:
a. Penelitian
terfokus pada Pemanfaatan Sistem Informasi Pembayaran Kuliah dalam tata kelola
keuangan di perguruan tinggi khususnya di AMIK Wahana Mandiri yang berkedudukan
di Jl.Cabe Raya No.51 Pondok Cabe Tangerang Selatan Banten, selama empat bulan
dari bulan Maret sampai Juni 2013.
b. Pengembangan
Sistem Informasi Pembayaran Kuliah pada
AMIK Wahana Mandiri untuk menghasilkan report data pembayaran kuliah dan
mencetak kwitansi secara otomatis.
1.2.3. Rumusan Masalah
Seperti
permasalahan yang sudah dijelaskan diatas, penulis menemukan rumusan masalah
sebagai berikut:
1.
Apakah sistem informasi
pembayaran kuliah terdahulu yang ada di AMIK Wahana Mandiri sudah terintegrasi
dan berjalan dengan baik?
2.
Apakah pengolahan data
transaksi biaya kuliah yang sudah ada di AMIK Wahana Mandiri saat ini sudah
berjalan sesuai dengan kebutuhan?
3.
Apakah program aplikasi
yang digunakan untuk mengelola data biaya kuliah mahasiswa di AMIK Wahana
Mandiri pada saat ini sudah sesuai dengan kebutuhan?
1.3 Tujuan dan Manfaat Penelitian
Untuk mencapai tujuan dan manfaat penelitian dalam
Mengembangkan Sistem Pembayaran Kuliah ini maka dapat diuraikan sebagai berikut
:
1.3.1. Tujuan Penelitian
Adapun yang menjadi tujuan dari
penelitian yang akan dilakukan adalah:
1. Mengembangkan
sistem yang sudah ada agar data lebih terintegrasi dengan baik.
2. Membuat
pengelolaan data transaksi biaya kuliah di AMIK Wahana Mandiri menjadi lebih
tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan saat ini.
3. Membuat
pengembangan sistem informasi pembayaran uang kuliah dengan menggunakan PHP dan
MySQL sehingga laporan yang dihasilkan dapat dikembangkan dan pengolahan data
dapat terintegrasi dengan baik.
1.3.2. Manfaat Penelitian
Adapun
yang menjadi manfaat dari penelitian yang akan dilakukan adalah mengembangkan
sistem informasi pembayaran kuliah pada AMIK Wahana Mandiri yang lebih
terintegrasi, membuat pengelolaan data transaksi biaya kuliah di AMIK Wahana
Mandiri menjadi tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan yang nantinya akan bermanfaat
bagi Biro Administrasi Umum (BAU) untuk mengelola administrasi dari tiap
mahasiswa secara terkomputerisasi dan langsung mencetak laporan tersebut secara
otomatis.
BAB II
LANDASAN TEORI
2.1 Tinjauan Pustaka
Berikut adalah beberapa penelitian
terdahulu yang terkait dengan topic penelitian Sistem Informasi Pembayaran Kuliah.
a.
Perancangan Sistem Pembayaran Uang Kuliah Berbasis Mobile Dengan
Notifikasi Pembayaran Melalui SMS (Daniel Irwanto
Saputro, 2008).
Dalam
penelitian ini peneliti menggunakan M-Commerce yang merupakan satu
jalan yang efektif dan nyaman bagi konsumen untuk melakukan transaksi
elektronik dari mana saja dan kapan saja. Selama ini pembayaran uang kuliah
yang dilakukan secara langsung melalui bank yang telah bekerja sama dengan
Universitas Sebelas Maret Surakarta menyebabkan mahasiswa sering mengantri
lama. Pembayaran secara transfer sendiri tidak dianjurkan oleh pihak
Universitas Sebelas Maret Surakarta. Keuntungan dari m-commerce terutama
m-payment, dapat dirancang sebuah aplikasi pembayaran uang kuliah yang mampu
menangani tersebut. Mahasiswa
cukup login ke dalam aplikasi kemudian memilih melakukan pembayaran, diikuti
login internet banking, dilanjutkan dengan melakukan pembayaran melalui
perangkat mobile mahasiswa. Bukti transfer dan PIN akan ditampilkan di
perangkat mobile dan akan dikirimkan melalui SMS kepada mahasiswa. Dari penelitian tersebut sistem hanya
membahas masalah M-Commerce. Diperlukan penelitian yang lebih lengkap
yang memfokuskan terhadap kebutuhan koneksi jaringan yang melibatkan
aplikasi-aplikasi server secara terpisah.
b.
Implementasi Services Oriented Architecture (SOA) dalam Sistem Transaksi
Perbankan di Perguruan Tinggi (Arif Firmansyah, 2008)
Dalam
penelitian ini peneliti menggunakan SOA dalam memberikan layanan pembayaran
kuliah dengan melibatkan beberapa bank yang terhubung melalui sebuah perusahaan
jasa penghubung (switching company).
Sistem yang telah dikembangkan mengacu kepada sistem host to host,
di mana bank secara langsung dapat mengakses
nilai
tagihan yang berada di sebuah server yang dikelola unpad secara langsung dan
terpusat. Proses ini secara umum telah berjalan dengan baik, namun kebutuhan
Unpad sebagai perguruan tinggi terus berubah sehingga kebutuhan jenis
pembayaran terus muncul. Sementara pemanfaatan layanan Switching Company dirasakan
cukup lambat, sehingga ada beberapa jenis pelayanan yang tidak dapat disediakan
dalam sistem pembayaran ini dalam waktu cepat. Sistem yang dirancang diharapkan
dapat melayani berbagai jenis sistem pembayaran yang disediakan secara dinamis
baik untuk kebutuhan saat ini maupun kebutuhan di masa yang akan datang.
Dari penelitian tersebut sistem hanya membahas
masalah SOA. Diperlukan penelitian yang lebih lengkap
yang memfokuskan terhadap kebutuhan infrastruktur dan kemanan khususnya
jaringan di perguruan tinggi tersebut.
c.
Perencanaan Sistem
Pembayaran Kuliah Berbasis SMS di Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala (Ernita Dewi Mutia, 2006).
Dalam
penelitian ini peneliti menggunakan Short Message Service (SMS) pada jaringan
Global System for Mobile (GSM). SMS umumnya merupakan layanan wireless yang
dapat mengirim pesan alpanumerik antara pengguna mobile dan sistem eksternal
seperti e-mail, paging, sistem voicemail.
Metode
pembayaran perkuliahan sekarang menggunakan sistem auto debet di bank, dimana
hal ini sangat efektif dan efisien karena dengan sistem pembayaran ini
mahasiswa dapat melakukan pembayaran di bank seluruh Indonesia. Berbeda dengan
sistem lama yang mengharuskan mahasiswa antri dalam melakukan pembayaran di loket-loket
yang telah ditetapkan. Disini timbul masalah baru lagi yaitu antrian yang
membosankan.
Dengan
aplikasi berbasis SMS ini dapat melayani pesan dari mahasiswa dalam bentuk sms
dan memberi laporan kepada pengirim dalam bentuk SMS juga. Layanan dasar sistem
ini meliputi melihat tagihan kuliah dan konfirmasi pembayaran.
Dari penelitian tersebut sistem
hanya membahas masalah SMS pada jaringan GSM. Diperlukan penelitian yang lebih lengkap yang
memfokuskan terhadap telepon seluler pada bagian server sebagai telepon
gateway. Agar pengguna telepon seluler dapat menerima pesan dengan mudah dan
kemudian diproses oleh komputer.
2.2 Landasan Teori
2.2.1. Sistem
Sistem adalah
kumpulan elemen-elemen yang saling berkaitan dan bertanggung jawab memproses
masukan (input) sehingga menghasilkan
keluaran (output). Suatu sistem
adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan,
berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan
suatu sasaran yang tertentu. (Sucipto,
2010:1-2).
2.2.2. Informasi
Informasi
berarti data yang telah dibentuk dalalm suatu format yang mempunyai arti dan
berguna bagi manusia. Sebaliknya data merupakan sekumpulan baris fakta yang
mewakili peristiwa yang terjadi pada organisasi atau lingkungan fisik sebelum
diolah dalam suatu format yang dapat dipahami dan digunakan orang. Sistem
informasi juga bermanfaat untuk lingkungan eksternal. (Sucipto, 2010: 222-223).
2.2.3. Website
Website
merupakan kumpulan halaman web yang saling terhubung dan file-filenya saling terkait. Web terdiri dari page atau
halaman, dan kumpulan halaman yang dinamanakan homepage. Homepage berada
dibawahnya. Biasanya setiap halaman di bawah homepage disebut child page, yang
berisi hyperlink ke halaman lain dalam web.
Website awalnya
merupakan suatu layanan sajian informasi yang menggunakan konsep hyperlink,
yang memudahkan surfer atau pengguna internet melakukan penelusuran informasi
di internet. Informasi yang disajikan dengan web menggunakan konsep multimedia,
informasi dapat disajikan dengan menggunakan banyak media, seperti teks,
gambar, animasi, suara atau film.
Ada beberapa
kelebihan dan manfaat website sehingga banyak orang membutuhkan kehadirannya,
diantaranya:
·
Memiliki alamat secara
online
·
Jangakauan tanpa batas
sehingga dapat diakses oleh pengguna di seluruh dunia daam waktu yang tak
terbatas.
·
Menjadi cermin pribadi
maupun citra perusahaan apabila fitur yang disediakan cukup interaktif dan
dinamis.
·
Dapat berfungsi sebagai
identitas pribadi / Perusahaan tentang profil diri agar dapat diketahui oleh
para customer dalam menjalankan bisnis sehingga komunikasi dapat berjalan
dengan mulus.
·
Situs personal dapat
berfungsi sebagai juru bicara untuk menuangkan ide, gagasan, kritik, saran,
berbagi ilmu, dan suara hati lainnya yang ingin dituangkan kedalam situs
melalui tulisan.
Website yang dibuat
oleh seorang pengembang website harus benar-benar mencerminkan identitas suatu
institusi, jangan sampai bertolak belakang antara isi dengan bentuk dan tata
letak situs itu sendiri. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, salah
satunya adalah tentang kategori situs itu sendiri. (Gregorius, 2000: 123-124)
2.2.4. Adobe Dreamweaver
Adobe Dreamweaver
adalah salah satu program editor halaman web atau merupakan program
penyunting-pengolah halaman web keluaran Adobe Systems yang dulu dikenal
sebagai Macromedia Dreamweaver keluaran Macromedia. Program ini banyak
digunakan oleh pengembang web karena fitur-fiturnya yang menarik dan kemudahan
penggunaannya. Versi terakhir Macromedia Dreamweaver sebelum Macromedia dibeli
oleh Adobe Systems yaitu versi 8. Versi terakhir Dreamweaver keluaran Adobe
Systems adalah Adobe Dreamweaver CS5 yang ada dalam Adobe Creative Suite 5.
(Setijo, 2010: 12-13)
2.2.5. PHP
PHP
adalah bahasa pemrograman script yang
paling banyak dipakai saat ini, PHP banyak dipakai untuk program situs web
dinamis, contoh terkenal dari aplikasi PHP adalah forum (phpBB) dan MediaWiki
(software di belakang Wikipedia). PHP merupakan script yang terintegrasi dengan HTML dan berada pada server ( server side HTML embedded scripting
). PHP juga dapat dilihat sebagai pilihan lain dari ASP.NET/C#/VB.NET
Microsoft, ColdFusion Macromedia, JSP/Java Sun Microsystems, dan CGI/Perl.
Contoh aplikasi lain yang lebih kompleks berupa CMS yang dibangun menggunakan
PHP adalah Mambo, Joomla!, Postnuke, Xaraya, dan lain-lain. (Anhar, 2010: 10-11)
2.2.5.1. Sejarah PHP
PHP
dibuat pertama kali oleh Rasmus Lerdorf, yang pada awalnya dibuat untuk
menghitung jumlah pengunjung pada home pagenya. Awalnya PHP kependekan dari personal home page saat itu namanya
masih Form Interpreted. Selanjutnya
pembuat PHP merilis kode sumber (open
source) ke khalayak umum sehingga banyak programmer yang tertarik untuk
mengembangkan PHP. (Virgi, 2011: 10-11)
2.2.5.2. Sintaks Dasar PHP
Script
PHP disisipkan langsung dalam tubuh file
HTML yang ditandai dengan tag pembuka dan penutup. Sebagaimana
diketahui, HTML (HyperText Markup Language) adalah bahasa standar
untuk membuat halaman-halaman web. Ada dua pasang tag PHP yang
dapat digunakan yaitu <?php…> dan <script
language=”php”>…</script>.
Kode-kode
PHP ditulis diantara tag pembuka dan penutup seperti
dalam contoh-contoh berikut:
HTML
<?php
Kode PHP di sini;?>
HTML
Dan
HTML
<script language=”php”>
kode PHP di sini;
</script>
HTML
|
2.2.5.3. Script PHP
Script
PHP diawali dengan tag (<?) dan diakhiri dengan tag (?>). Setiap baris
perintah / statement harus diakhiri dengan menggunakan tanda titik koma (;).
Umumnya setiap statement dituliskan dalam satu baris. Script PHPmerupakan
script yang digunakan untuk menghasilkan halaman-halaman web. Cara
penulisannnya dibedakan menjadi embedded dan non embedded script. (Didik Dwi
Prastyo, 2003: 4-5)
2.2.5.4. Kelebihan & Kekurangan PHP
Kelebihan
PHP
1.
Bahasa pemrograman PHP adalah sebuah bahasa
script yang tidak melakukan sebuah kompilasi dalam penggunaanya.
2.
Web Server yang mendukung PHP dapat ditemukan
dimana - mana dari mulai apache, IIS, Lighttpd, hingga Xitami dengan
konfigurasi yang relatif mudah.
3.
Dalam sisi pengembangan lebih mudah, karena
banyaknya milis - milis dan developer yang siap membantu dalam pengembangan.
4.
Dalam sisi pemahaman, PHP adalah bahasa
scripting yang paling mudah karena memiliki referensi yang banyak.
5.
PHP adalah bahasa open source yang dapat
digunakan diberbagai mesin (Linux, Unix, Macintosh, Windows) dan dapat
dijalankan secara runtime melalui console serta juga dapat menjalankan
perintah-perintah system.
Kelemahan
PHP
1.
Tidak ideal untuk pengembangan skala besar
2.
Tidak memiliki sistem pemrograman berorientasi
objek yang sesungguhnya (sampai versi 4 ini)
3.
Tidak bisa memisahkan antara tampilan dengan
logik dengan baik (walau penggunaan template dapat memperbaikinya)
4.
PHP memiliki kelemahan security tertentu apabila
programmer tidak jeli dalam melakukan pemrograman dan kurang memperhatikan isu
dan konfigurasi PHP
5.
Kode PHP dapat dibaca semua orang, dan kompilasi
hanya dapat dilakukan dengan tool yang mahal dari Zend.
2.2.6. XAMPP
XAMPP adalah perangkat lunak bebas
yang mendukung banyak sistem operasi yang merupakan kompilasi dari beberapa
program. Fungsinya adalah sebagai server yang berdiri sendiri (localhost), yang terdiri atas program
Apache HTTP Server, MySQL database dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan
bahasa pemrograman PHP dan Perl.
Nama XAMPP merupakan singkatan dari
X (empat sistem operasi apapun), Apache, MySQL, PHP dan Perl. Program ini
tersedia dalam General Public License (GNU)
dan bebas, merupakan web server yang mudah digunakan yang dapat melayani
tampilan halaman web yang dinamis.
XAMPP adalah
kepanjangan yang masing-masing hurufnya adalah:
X
: Program
ini dapat dijalankan dibanyak sistem operasi, seperti Windows, Linux, Mac OS,
danjuga Solaris.
A
: Apache,
merupakan aplikasi web server. Tugas
utama Apache adalah menghasilkan halaman web yang benar kepada user berdasarkan
kode PHP yang dituliskan oleh pembuat web, maka dapat saja suatu database
diakses terlebih dahulu (misalnya dalam MySQL) untuk mendukung halaman web yang
dihasilkan.
M
: MySQL, merupakan
aplikasi database server. Perkembangannya disebut SQL yang merupakan
kepanjangan dari Structure Query
Language. SQL merupakan bahasa terstruktur yang digunakan untuk mengolah
database.
MySQL dapat digunakan untuk membuat
dan mengelola database besertaisinya. Kita dapat memanfaatkan MySQL untuk
menambahkan, mengubah dan menghapus data yang berada dalam database.
P
: PHP,
bahasa pemrograman web. Bahasa
pemrograman PHP merupakan bahasa pemrograman untuk membuat web yang bersifat server-side scripting. PHP memungkinkan
kita untuk membuat halaman web yang bersifat dinamis. Sistem manajemen basis
data yang sering digunakan bersama PHP adalah MySQL.
P
: Perl
adalah bahasa pemrograman untuk segala
keperluan, dikembangkan pertama kali oleh Larry Wall di mesin Unix. Perl
dirilis pertama kali pada tanggal 18 Desember 1987 ditandai dengan keluarnya
Perl 1.
Pada versi-versi selanjutnya, Perl
tersedia pula untuk berbagai sistem operasi varian Unix (SunOS, Linux, BSD,
HP-UX), juga tersedia untuk sistem operasi seperti DOS, Windows, Power PC,
BeOS, VMS, EBCDIC, dan PocketPC. (Rachmad Hakim, 2010: 120-121)
2.2.7. MySQL
MySQL merupakan
sebuah basis data yang mengandung satu atau beberapa kolom. Tabel terdiri atas
sejumlah basis dan setiap baris mengandung satu atau beberapa kolom. Didalam
PHP telah menyediakan fungsi untuk koneksi ke basis data dengan sejumlah fungsi
untuk pengaturan baik menghubungkan maupun memutuskan koneksi server database
MySQL sebagai sarana untuk mengumpulkan informasi. (Yeni Kustiyahningsih, Devie
Rosa Anamisa, 2010: 145-146).
Database adalah sistem penyimpanan beragam
jenis data dalam sebuah entitas yang besar untuk diolah sedemikian rupa agar
mudah dipergunakan lagi. Data yang disimpan bisa sangat variatif (angka, teks,
gambar, suara, dan jenis data multi-media lainnya). Basis data merupakan
kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, tersimpan
di perangkat keras computer dan digunakan perangkat lunak untuk
memanipulasinya. Database merupakan salah satu komponen yang penting dalam
sistem informasi,karena merupakan basis dalam menyediakan informasi bagi para
pemakai. (Sucipto, 2012: 137).
MySQL adalah sistem manajemen basisdata
relasi yang bersifat terbuka atau open source. Sistem manajemen
basisdata ini adalah hasil pemikiran dari Michael “Monty” Widenius, David
Axmark, dan Allan Larson pada tahun 1995.
Tujuan awal ditulisnya program MySQL
adalah untuk mengembangkan aplikasi web. MySQL menggunakan bahasa
standar SQL (Structure Query Language) sebagai bahasa interaktif dalam
mengelola data.
Perintah
SQL sering juga disebut Query. MySQL menawarkan berbagai keunggulan
dibandingkan database server lain.
Berikut ini adalah
beberapa keunggulan MySQL:
1. Mampu
menangani jutaan user dalam waktu yang bersamaan.
2. Mampu
menampung lebih dari 50.000.000 record.
3. Sangat
cepat mengeksekusi perintah.
4. Memiliki
user privilege system yang mudah dan efisien.
Kelemahan MySQL:
1. Untuk koneksi ke bahasa pemrograman
visual seperti vb, delphi, dan foxpro, mysql kurang support, karena koneksi ini
menyebabkan field yang dibaca harus sesuai dengan koneksi dari program visual tersebut,
dan ini yang menyebabkan mysql jarang dipakai dalam program visual.
2. Data yang ditangani belum begitu
besar.
BAB III
METODE PENELITIAN
3.1 Analisa Kebutuhan Sistem
Analisa
kebutuhan sistem merupakan tahap kegiatan untuk mengetahui kebutuhan pembangunan
sistem teritegrasi,tujuan dari tahapan analisa kebutuhan ini adalah menentukan
suatu kebutuhan proses dalam membangun Sistem
Informasi Pembayaran Kuliah menggunakan PHP dan MySQL yang sesuai dengan
Skenario bisnis yang menjadi resources utama yang harus dikembangkan dalam
tahapan ini. Skenario bisnis harus mencakup process business, dan permasalahan (issue) pada AMIK Wahana Mandiri yang
tertuang pada tabel berikut.
Tabel 3.1 Permasalahan AMIK Wahana Mandiri
Solusi dari permasalahan yang
tersaji dalam Tabel 3.1 di atas adalah sebagai berikut:
Tabel 3.2 Solusi
permasalahan AMIK Wahana Mandiri
3.2 Prosedur Penelitian
Untuk dapat melaksankan tahapan
penelitian maka tahapan penelitian yang dilakukan adalah sebagai berikut:
3.2.1. Studi Pustaka
Studi pustaka dilakukan untuk
mencari informasi - informasi tentang teori, metode dan konsep yang relevan
dengan permasalahan. Sehingga dengan informasi – informasi tersebut dapat
digunakan sebagai acuan dalam penyelesaian masalah. Studi pustaka yang
dilakukan dengan mencari informasi dan referensi dalam bentuk text book,
literatur, informasi dari internet maupun sumber-sumber lainnya yang berkaitan
dengan penelitian ini.
3.2.2. Metode Pengumpulan data
Pengumpulan
data dilakukan untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan dalam rangka mencapai
tujuan penelitian. Tujuan yang diungkapkan dalam bentuk hipotesis merupakan
jawaban sementara terhadap pertanyaan penelitian.metode pengumpulan data bisa
dilakukan dengan cara:
a.
Data Primer primer
diperoleh melalui:
- Wawancara
Merupakan
cara untuk mendapatkan data dan informasi dengan mengadakan dialog langsung
terhadap pihak yang berkompeten di AMIK Wahana Mandiri yang relevan dengan
pembahasan dalam penulisan Tugas Akhir ini.
- Observasi
Merupakan
cara untuk mendapatkan data dan informasi dengan melakukan peninjauan atau
pengamatan secara langsung ketempat yang berkaitan dengan penulisan Tugas Akhir
dan pembuatan sistem informasinya.
- Komparatif
Merupakan
cara untuk mendapatkan data dan informasi dengan melakukan pertimbangan atau membandingkan
dua sistem atau lebih, melihat kekurangan dan kelebihan antara sistem yang lama
dengan sistem yang baru. Sehingga dapat dilakukan pengembangan sistem yang
baru.
Adapun
dalam pengembangan sistem, penulis menggunakan metode pengembangan sistem waterfall
yaitu dilakukan denga berorientasi pada aliran data yang meliputi perencanaan,
analisis, desain, pengkodean, pengujian dan pemeliharaan sistem. Sedangkan
dalam mengimplementasikan sistem tersebut penulis membuat program dengan
menggunakan bahasa pemrograman PHP.
b. Data
sekunder meliputi struktur organisasi,infrastruktur TI, gambaran sistem yang
ada saat ini. Data sekunder diperoleh melalui:
1. Studi
dokumentasi
Studi
dokumentasi digunakan untuk mencari data-data sekunder yang dibutuhkan dalam
melakukan tata kelola keuangan yang ada.
2. Akses
internet
Akses
internet digunakan untuk mencari data pendukung dari berbagai buku,ebook,maupun
jurnal-jurnal yang relevan.
3.3. Alat Bantu
Untuk kelancaran dalam penelitian
ini, berikut penjelasan mengenai alat bantu yang digunakan, yaitu :
3.3.1 Perangkat Keras yaitu :
a.
Prosesor intel core i3
b.
Memori 2 GB
c.
Harddisk 500 GB
3.3.2 Perangkat Lunak yaitu :
a.
Sistem Operasi
Microsoft Windows 7
b.
Adobe Dreamweaver
c.
PHP dan MySQL
3.4. Jadwal Penelitian
Dalam melaksanakan tahapan penilitian
agar penelitian tersebut dapat diselesaikan sesuai dengan waktu yang
direncanakan maka peneliti membuat matrik berupa tahapan jadwal penelitian
sebagai berikut:
Tabel 3.3 Jadwal Penelitian
Daftar Pustaka
Anhar, Panduan
Menguasai PHP dan MySQL, Jakarta, 2010
Devie
Rosa Anamisa, Yeni Kustiyahningsih, Pemrograman
Basis Data Berbasis Web Menggunakan PHP dan MySQL, Bangkalan, 2010
Hakim, Rachmad. 2010. Cara
Mengelola Blog, Jakarta: Elexmedia Komputindo
Setijo, Adobe
Dreamweaver CS5, Jakarta, 2010
Sucipto,
Konsep dan Teknik Pengembangan Sistem
berbasis Teknologi Informasi, Banten, 2010
Sucipto,
Sistem Informasi Manajemen Berbasis Tren
Teknologi Informasi, Tangerang, 2012
Virgi, Cepat Mahir
Pemrograman Web dengan PHP dan MySQL, Jakarta, 2011
0 Response to "SKRIPSI TEKNIK INFORMATIKA DAN KOMPUTER PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PEMBAYARAN BIAYA PERKULIAHAN DI AMIK WAHANA MANDIRI DENGAN MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL"
Post a Comment