2.1.1 Ilmu Pengetahuan Alam
IPA
adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari gejala alam, baik yang menyangkut
makhluk hidup maupun benda mati. Pada prinsipnya, IPA diajarkan untuk membekali
siswa agar mempunyai pengetahuan (mengetahui berbagai cara) dan keterampilan
(cara mengerjakan) yang dapat membantu siswa untuk memahami gejala alam.
Pendidikan IPA diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk
mempelajari diri sendiri dan alam sekitar serta prospek pengembangan lebih
lanjut dalam menerapkan didalam kehidupan sehari-hari. IPA diperlukan dalam
kehidupan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan manusia melalui pemecahan masalah yang dapat
diidentifikasikan. Pembelajaran IPA yang ada pada jenjang pendidikan sekolah
dasar hanya menekankan dari segi praktis.
2.1.2 Media Gambar
Kata
media diambil dari kata bahasa latin yang berarti “antara”. Istilah ini mengacu
pada sesuatu yang membawa informasi antara sebuah sumber dan penerima.
(Heinich, Molenda, Russel, 1996: 8). Secara lebih khusus, pengertian media
dalam proses belajar mengajar cenderung dijadikan alat-alat grafis, fotografis,
atau elektronis untuk menangkap, memproses, menyusun kembali informasi visual
atau verbal.
Menurut
Nana Sudjana dan Ahmad Rivai (2001: 68) media gambar adalah media yang
mengkombinasikank fakta dan gagasan secara jelas dan kuat melalui kombinasi
pengungkapan kata-kata dengan gambar-gambar. Media gambar merupakan media yang
sederhana, mudah dalam pembuatannya, dan ditinjau dari pembiayaannya termasuk
media yang murah harganya.
Dari
uraian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa media gambar adalah foto atau
sejenisnya yang menampakan benda yang banyak dan umum digunakan, mudah
dimengarti dalam pembelajaran serta untuk mengatasi kesulitan menampilkan benda
asli di dalam kelas. Gambar yang baik digunakan dalam pembelajaran berukuran
12x8 cm. Gambar dapat kita buat sendiri ataupun mengambil dari media yang ada.
Media visual dalam proses belajar mengajar dapat mengembangkan imajinasi anak,
membantu meningkatkan penguasaan anak terhadap hal abstrak yang tidak mungkin
dihadirkan di dalam kelas.
Prinsip
umum penggunaan media gambar :
Ø Gambar harus realistis karena gambar
yang amat rinci dengan realisme yang sulit dipelajari sering mengganggu
perhatian siswa untuk mengamati apa yang seharusnya diperhatikan.
Ø Gambar harus berfungsi untuk
melukiskan perbedaan konsep
Ø Warna gambar harus digunakan untuk
mengarahkan perhatian dan membedakan komponen.
Kelebihan
dari media gambar itu sendiri adalah :
Ø Sifatnya konkrit artinya gambar lebih
realistis menunjukkan pokok masalah
Ø Gambar tidak dapat mengatasi ruang
dan waktu. Tidak semua benda, objek atau peristiwa dapat dibawa kekelas.
Ø Media gambar tidak dapat mengatasi
keterbatasan pengamatan
Ø Media gambar murah harganya dan
gampang didapat serta digunakan.
Hal yang
perlu diperhatikan dalam penggunaan media gambar:
Ø Gunakan gambar yang sesuai dengan
pertumbuhan dan perkembangan siswa
Ø Saat memperlihatkan gambar, usahakan
gambar jangan bergerak.
Ø Perlihatkan gambar itu satu persatu
agar perhatian siswa tertuju pada satu gambar
Ø Arahkan perhatian siswa pada sebuah
gambar, kemudian ajukan beberapa pertanyaan sehubungan dengan gambar.
Penemuan-penemuan
dari penelitian mengenai nilai guna gambar tersebut menurut Brown (1977)
memiliki sejumlah implikasi bagi pengajaran yaitu :
a. Penggunaan gambar dapat merangsang
minat atau perhatian siswa
b. Gambar yang dipilih dan diadaptasikan
secara tepat, membantu siswa memahami dan mengingat isi informasi bahan-bahan
verbal yang menyertainya.
Syarat yang bersifat non verbal atau simbol-simbol
seperti tanda panah ataupun tanda-tanda lainnya pada gambar dapat memperjelas
atau mengubah pesan yang sebenarnya
0 Response to "DOWNLOAD MAKALAH PENDIDIKAN UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PELAJARAN IPA MATERI PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN MAKANANNYA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR"
Post a Comment