Latest Updates

CONTOH SILABUS DAN MAKALAH PENDIDIKAN BAHASA ARAB

Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni
Universitas Pendidikan Indonesia
2008

Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan berbagai pengetahuan  dalam cara penulisan karya ilmiah, lingkupnya, isinya, karakteristiknya dan format penulisannya dalam rangka menyajikan nilai-nilai praktis maupun nilai-nilai teoritis hasil-hasil pengkajian dan penelitian ilmiah yang dilakukan mahasiswa. Materi perkuliahan ini meliputi:
1.        Cara penulisan makalah; penulisan laporan buku/bab dan artikel jurnal ilmiah;
2.        Sistematika penulisan Skripsi (Judul, Kata Pengantar, Abstrak, Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar, Daftar Lampiran)
-                             Sistematika penulisan BAB I PENDAHULUAN meliputi: Latar Belakang Masalah, Rumusan Masalah, Tujuan Penelitian, Asumsi, Hipotesis, Metode Penelitian, Lokasi dan Sampel Penelitian;
-                             Sistematika penulisan BAB II meliputi  KAJIAN PUSTAKA/ KERANGKA TEORITIS;
-                             Sistematika penyusunan  BAB III berupa kajian  METODE PENELITIAN (tahap-tahap penelitian mulai dari persiapan hingga penelitian berakhir);
-                             Sistematika cara penulisan pada BAB IV berupa Penyajian HASIL PENELITIAN;
-                             Sistematika penulisan BAB V berupa cara membuat KESIMPULAN; DAFTAR PUSTAKA);  dan teknik penulisan skripsi.  

Pengalaman Belajar
Selama mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diwajibkan mengikuti kegiatan:
a.                         Menyimak perkuliahan melalui metode ceramah;
b.                        Tanya jawab dan diskusi kelas;
c.                         Latihan terbatas membuat model Karya Ilmiah;
d.                        Melaksanakan tugas terstruktur;
e.                         Membuat Proposal Karya Ilmiah.



Evaluasi Hasil Belajar
Keberhasilan mahasiswa dalam perkuliahan ini ditentukan oleh prestasi yang bersangkutan dalam:
a.                         Observasi dan Orientasi serta Partisipasi Aktif Kegiatan Kelas;
b.                        Kehadiran dalam Tatap Muka di Kelas Minimal 80%;
c.                         Laporan Pembuatan Tugas Terstruktur;
d.                        Laporan Literatur (Annotated Bibliography);
e.                         Partisipasi aktif dalam cara membuat laporan ilmiah;
f.                         UTS dan UAS.

URAIAN POKOK BAHASAN SETIAP PERTEMUAN

I.          Membahas Silabus Perkuliahan

1.         Mengakomodasi berbagai masukan dari peserta perkuliahan

2.          Tujuan Perkuliahan:
Mahasiswa Program Pendidikan Bahasa Arab Semester  tujuh (7) UPI mampu mengerti, menghayati dan memahami deskripsi, arah serta tujuan perkuliahan Taujih Risalah Ilmiah Pendidikan Bahasa Arab, serta memiliki kemampuan untuk mengaplikasikannya ke dalam suatu rumusan Risalah ilmiah berikut ketentuan-ketentuan perkuliahan yang harus dilaksanakan para mahasiswa selama satu semester.

3.         Ruang Lingkup Perkuliahan:
3.1.         Pembekalan materi;
3.2.         Tugas terstruktur;
3.3.         Tugas mandiri;
3.4.         Tugas Kelompok
3.5.         Latihan terbatas membuat Proposal Penelitian Ilmiah;
3.6.         Ujian tengah semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester

Ruang Lingkup Pembelajaran:
a.                     Pembelajaran pengetahuan (knowledge);
b.                     Pembelajaran pemahaman (comprehention);
c.                     Pembelajaran penerapan (aplikasi)
d.                    Pembelajaran analisis;
e.                     Pembelajaran sintesis;
f.                      Pembelajaran Ketrampilan Proses;
g.                     Pembelajaran evaluasi.

4.         Prosedur Perkuliahan:
a.                     Mengembangkan apersepsi peserta kuliah;
b.                     Pemilihan dan penentuan metode yang bervariasi;
c.                     Pengembangan dan pemanfaatan media sumber belajar;
d.                    Penggunaan pendekatan yang edukatif dan kebermaknaan;
e.                     Tatap muka perkuliahan minimal 80 %;
f.                      Penilaian keberhasilan


5.         Tugas:
a.                     Tugas individual (terstruktur)
b.                     Tugas Kelompok;
c.                     Tugas Akhir.

6.         Ujian:
a.                     Objektif test;
b.                     Essay;

7.         Sumber:

Arifin, E. Z. (1998). Dasar-dasar Penulisan Karya-karya Ilmiah. Jakarta : PT. Gramedia.

Asy’ari, S.I. (1984). Petunjuk Teknis Menulis Naskah Ilmiah. Surabaya : Usaha Nasional.

Boeriswati, Endry. (1991). Ensiklopedia Nasional Indonesia. Jakarta : PT. Cipta Adi Pustaka.

Brotowidjoyo, M.D. (2002). Penulisan Karangan Ilmiah. Jakarta : Akademika Presindo.

Cik Hasan B. (2001). Penuntun Penyusunan Rencana Penelitian dan Penulisan Skripsi. Divisi Buku Perguruan Tinggi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ekosusilo, M. (1995). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Semarang : Dahara Prize.

Komarudin. (2000). Kamus Istilah Skripsi dan Tesis. Bandung : Angkasa.

Ps, Djarwanto. (1992). Petunjuk Teknis Penyusunan Skripsi. Yogyakarta : BPFE

Libaidhy. (1985). Dzaqoqun wa Akhorun fi Bahtsil Ilmy. Amman: Daarul Fikry.

Salaby A. (1981). Kaifa Taktubu Bahtsan wa Risalatan. Mesir: Libaidhy.

Sudjana, N. (1988). Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah, Makalah, Skripsi, Tesis, dan Desertasi. Bandung : Sinar Baru

Suherman A. (2002). Buku Ajar Mata Kuliah Taujih Risalah Ilmiah Pendidikan Bahasa Arab Universitas Pendidikan Indonesia (Hal.52). Bandung: Pusat Studi Islam dan Bahasa Arab UPI (PSIBA).

Surakhman, W. (2002). Paper, Thesis, dan Desertasi. Bandung : Tarsito.

Suryadi. (1980). Penuntun Penyusunan Paper, Skripsi, Tesis, dan Desertasi. Surabaya : PT. Usaha Nasional.

Syihabuddin. Et. Al. (2002). Diktat Cara Penulisan Karya Ilmiah (Laporan Buku, Makalah dan Skripsi). Bandung: Pusat Studi Islam dan Bahasa Arab UPI (PSIBA).
Sultan Hananisa wa Syarif al Ubaidy. (1984).  Asasiyatul Bahtsi al Ilmi Baina al Nadhoniyyah wa Tatbiq. Riyadl: Daarul Ulum.

Tim Penyusun Penulisan Karya Ilmiah. (2001).  Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (Laporan Buku, Makalah, Skripsi, Tesis, Disertasi). Bandung: Depdiknas Universitas Pendidikan Indonesia.

Westra, P. (1991). Pedoman Penulisan Skripsi : Berdasarkan Penelitian Empiris di Lingkungan Perguruan Tinggi.  Airlangga University Press.

Widyamartaya, Al. (1997).  Dasar-dasar Menulis Karya Ilmiah. Jakarta : PT. Gramedia Widiarsana Indonesia.




II.
Pokok Bahasan
Ruang Lingkup Pokok Bahasan
      





Makalah   ( مـقـالـة )


1.      Pengertian Makalah  (مـعـنى الـمـقـالـة )
2.      Karakteristik Makalah  (خـصـائـض الـمـقالـة)
3.      Jenis Makalah  ( انـواع الـمـقالـة )
4.      Jenis  Makalah & Jenjang Pendidikan  (انـواع الـمـقالـة ومـراحـل التـعـليـم )
5.      Sistematika Makalah  ( نـظـام الـمـقالـة )

III.
Pokok Bahasan
Ruang Lingkup Pokok Bahasan
      


Penulisan Laporan Buku ( كـتابـة الـتـقـريـر)


1.      Pengertian  (مـفـهـوم/ مـعـنى الـتقـريـر)
2.      Jenis laporan  (انـواع الـتـقـاريـر)
3.      Sistematika laporan  (نـظـام الـتـقـريـر)

IV.
Pokok Bahasan
Ruang Lingkup Pokok Bahasan
      




Penulisan Skripsi

)  كـتابـة الـرسـالـة(



1.      Pengertian Skripsi:
1.1.       karya ilmiah yang ditulis melalui kegiatan perencanaan;
1.2.       karya ilmiah resmi akhir seorang mahasiswa;
1.3.       bukti kemampuan akademik;
1.4.       disusun dan dipertahanka untuk mencapai gelar sarjana kependidikan di lingkngan UPI
2.      Tujuan penulisan skripsi merupakan bekal pengalaman belajar ilmiah
3.      Karakteristik penulisan skripsi:
3.1. terarah pada eksplorasi;
3.2. berdasarkan hasil pengamatan;
3.3. ditulis sesuai dengan program pendidikan bahasa Arab;
3.4. berbobot 4 SKS
4.      Ruang lingkup skripsi difokuskan pada teori (ilmu kebahasaan; (2) Kesastraan; (3) Seni; (4) Pendidikan dan pengajaran

V.
Pokok Bahasan
Ruang Lingkup Pokok Bahasan
      


 

 

 

 

Persyaratan, Pembimbingan, dan Penilaian Skripsi



1.      Syarat diperkenankan menyusun skripsi adalah:
1.1. telah lulus minimal 105 SKS, dengan IPK minimal 2,50;
1.2. lulus m.k. penelitian pendidikan, dengan nilai minimal 2,0;
1.3. bimbingan skripsi paling lama 6 bulan;
1.4. tebal skripsi minimal 50 halaman
2.      Prosedur bimbingan skripsi:
2.1. tahap persiapan
2.2. tahap pelaksanaan penelitian dan bimbingan
2.3. tugas-tugas pembimbing I
2.4. Tugas-tugas pembimbing II
3.      Penilaian skripsi meliputi: (1) isi; (2) bahasa; (3) metode; (4) sistematika
3.1. penilaian dalam sidang meliputi (1) penguasaan materi; (2) penguasaan metodologi (3) kemampuan berargumentasi
4.      Bila dalam sidang mempertahankan skripsi ditemukan naskah skripsinya masih mengandung kelemahan yang cukup mendasar

VI.
Pokok Bahasan
Ruang Lingkup Pokok Bahasan
      







Sistematika Penulisan Skripsi
 الـهيـكل التـنظـيمي لمـهتويات البحـث


1.      Sistematika penulisan skripsi meliputi:
1.1. Judul
1.2. Kedudukan tim pembimbing
1.3. Kata pengantar
1.4. Abstrak
1.5. Daftar isi
1.6. Daftar tabel
1.7. Daftar bagan
1.8. Daftar gambar
1.9. Bab I Pendahuluan
1.10.          Bab II Landasan teoritis
1.11.          Bab III Metode penelitian
1.12.          Bab IV Hasi dan pembahasan
1.13.          Bab V Kesimpulan
1.14.          Daftar Pustaka
1.15.          Lampiran
1.16.          Riwayat Hidup

VII.
Pokok Bahasan
Ruang Lingkup Pokok Bahasan
      




Langkah- LANGKAH Penulisan Skripsi Pada:
Kata Pengantar ( شـكـر وتـقـديـر )
Abstrak ( مـجـرد )
Daftar Isi ( الـمـحـتويات )
Daftar Tabel ( قائـمة الـجـداول )
Daftar Gambar ( قـائـمة الـصـور )
Daftar Lampiran ( قـائـمة الـمـلاحـق )


1.       Kata Pengantar:
1.1.       mengantarkan para pembaca kepada permasalahan yang diteliti;
1.2.       dikemukakan ucapan-ucapan terima kasih
2.       Abstrak, meliputi:
2.1.   judul;
2.2.   permasalahan;
2.3.   pendekatan terhadap masalah;
2.4.   landasan teoritik
3.       Daftar isi berfungsi untuk mempermudah para pembaca mencari judul yang diinginkanya
4.       Daftar tabel menyatakan daftar urut tabel dengan menggunakan dua angka (Hindu-Arab)
5.       Judul gambar ditulis dengan huruf besar untuk setiap huruf awal dari setiap kata
6.       Daftar lampiran nomor huruf lampiran (Hindu-Arab), nama lampiran, nomor halaman

VIII.
Pokok Bahasan
Ruang Lingkup Pokok Bahasan
      




Ujian Tengah Semester

1.      Deskripsi Mata Kuliah Taujih Risalah Ilmiah Pendidikan Bahasa Arab;
2.      Tujuan Mata Kuliah Taujih Risalah Ilmiah Pendidikan Bahasa Arab;;
3.      Makalah;
4.      Penulisan Laporan Buku;
5.      Penulisan Skripsi;
6.      Persyaratan Pembimbingan, dan Penilaian Skripsi;
7.      Sistematika Penulisan Skripsi;
8.      Langkah-Langkah Penulisan Skripsi

IX.
Pokok Bahasan
Ruang Lingkup Pokok Bahasan
      


Sistematika Penulisan/Pembahasan "Pendahuluan"


-           Latar Belakang Masalah ( الـتـمـهـيد للـمـشـكلـة )
-           Rumusan Masalah ( صـياغـة الـمـشـكلة )
-           Tujuan Penelitian (اهـداف الـبـحـث )
-           Kegunaan Penelitian ( فـواشـد الـبـحـث )
-           Asumsi ( مـسـلمات الـبـحـث )
-           Hipotesis ( فـروض الـبـحـث )
-           Metode Penelitian ( مـنـهـجـية الـبـحـث )
-           Lokasi, Populasi, dan Sampel ( مـكان، ومـجـتـمع الـبـحـث، وعـيـنـتـه )

X.
Pokok Bahasan
Ruang Lingkup Pokok Bahasan
      



1.      Sistematika Penulisan Skripsi pada Bab II

2.      Sistematika Penulisan Skripsi pada Bab III


1.      Kajian pustaka dan  perkembangan ilmu dalam bidang yang ditelliti
2.      Tujuan penulisan landasan teoritis Isi yang terdapat pada Bab III:

2.1. Metode penelitian
2.2. mencantumnkan semua prosedur dan tahap-tahap mulai dari persiapan hingga penelitian berakhir;
2.3. menuliskan instrumen yang digunakan serta proses pengembangan uji validitas dan reliabilitas
2.4. dll.

XI.
Pokok Bahasan
Ruang Lingkup Pokok Bahasan
      

 

Penyajian Hasil Penelitian



-         BAB IV. Hasil Penelitian dan Pembahasannya ( الباب الرابع: الـنتـائـج وبحـثـها )
-         Bab V. Kesimpulan dan Rekomendasi (  الباب الخامس: الـنـتائـج والاقـتراحـات )
-         Daftar Pustaka ( الـمـراجع )
-         Lampiran-Lampiran  ( مـلاحـق )
-         Riwayat Hidup ( سـيرة الـمـؤلـف )

XII.
Pokok Bahasan
Ruang Lingkup Pokok Bahasan
      

Jenis/Model Penulisan Skripsi



-         Jenis Penulisan dengan Huruf Latin

-         Jenis Penulisan  dengan Huruf Arab
-         Jenis Penulisan Pada Sampul Luar

XIII.
Pokok Bahasan
Ruang Lingkup Pokok Bahasan
      

TUGAS


Cara-Cara Membuat Proposal Penelitin pada Program Pendidikan Bahasa Arab
XIV.
Pokok Bahasan
Ruang Lingkup Pokok Bahasan
      


Teknik Penulisan Skripsi




§  Teknik   Penulisan pada Halaman Persetujuan

§  Teknik   Penulisan Menulis kutipan
§  Teknik/Cara menulis Angka
§  Teknik/Cara Menulis Singkatan

XV.
Pokok Bahasan
Ruang Lingkup Pokok Bahasan
      

 

 

 

 

Karakteristik Penulisan Daftar Pustaka


1.      Menul;iskan nama dalam daftar pustaka (1) menuliskan terlebih dahulu nama belakang, kemudian (2) nama depan disingkat
2.      Penulisan daftar pustaka bila sumbernya jurnal : (1) nama belakang penulis disingkat; (2) tahun penerbitan dalam kurung; (3) judul artikel ditulis di antara tanda petik; (4) judul jurnal digaris bawahi; (5) nomor volume dengan angka Arab; (6) nomor penerbitan; (7) nomor halaman.
3.      Kalau sumbernya buku: (1) nama belakang penulis disingkat; (2) tahun penerbitan, dalam kurung; (3) judul buku digaris bawahi; (4) Edisi; (5) Kota asal; (6) penerbit.
4.      Kalau sumbernya di luar jurnal dan buku: (1) nama belakang penulis; (2) tahun dicetak, di dalam kurung; (3) judul penulisan (diketik dengan huruf miring; (4) nama kota penerbit; (5) nama penerbit.
5.      bila sumbernya dari internet: (1) pengareang/penyunting; (2) (tahun); (3) judul (edisi); (4) [jenis medium]; (5) Tersedia: alamat di internet. [tanggal diakses].

XVI.
Pokok Bahasan
Ruang Lingkup Pokok Bahasan
      




Ujian Akhir Semester

1.      Sistematika penulisan/pembahasan "Pendahuluan"
2.      Sistematika penulisan Skripsi pada Bab II dan Bab III;
3.      Penyajian Hasil Penelitian;
4.      Jenis/Model Penulisan Skripsi;
5.      Teknik Penulisan Skripsi;
6.      Karakteristik Penulisan Daftar Pustaka











Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

0 Response to "CONTOH SILABUS DAN MAKALAH PENDIDIKAN BAHASA ARAB"

Post a Comment