Jurusan
Pendidikan Bahasa Arab
Fakultas
Pendidikan Bahasa dan Seni
Universitas
Pendidikan Indonesia
2008
Deskripsi
Mata Kuliah
Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan berbagai
pengetahuan dalam cara penulisan karya
ilmiah, lingkupnya, isinya, karakteristiknya dan format penulisannya dalam
rangka menyajikan nilai-nilai praktis maupun nilai-nilai teoritis hasil-hasil
pengkajian dan penelitian ilmiah yang dilakukan mahasiswa. Materi perkuliahan
ini meliputi:
1.
Cara penulisan makalah; penulisan laporan buku/bab dan
artikel jurnal ilmiah;
2.
Sistematika penulisan Skripsi (Judul, Kata Pengantar,
Abstrak, Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar, Daftar Lampiran)
-
Sistematika penulisan BAB I PENDAHULUAN meliputi: Latar
Belakang Masalah, Rumusan Masalah, Tujuan Penelitian, Asumsi, Hipotesis, Metode
Penelitian, Lokasi dan Sampel Penelitian;
-
Sistematika penulisan BAB II meliputi KAJIAN PUSTAKA/ KERANGKA TEORITIS;
-
Sistematika penyusunan
BAB III berupa kajian METODE
PENELITIAN (tahap-tahap penelitian mulai dari persiapan hingga penelitian
berakhir);
-
Sistematika cara penulisan pada BAB IV berupa Penyajian
HASIL PENELITIAN;
-
Sistematika penulisan BAB V berupa cara membuat KESIMPULAN;
DAFTAR PUSTAKA); dan teknik penulisan
skripsi.
Pengalaman Belajar
Selama mengikuti perkuliahan
ini, mahasiswa diwajibkan mengikuti kegiatan:
a.
Menyimak perkuliahan melalui metode
ceramah;
b.
Tanya jawab dan diskusi kelas;
c.
Latihan terbatas membuat model Karya
Ilmiah;
d.
Melaksanakan tugas terstruktur;
e.
Membuat Proposal Karya Ilmiah.
Evaluasi Hasil Belajar
Keberhasilan mahasiswa dalam
perkuliahan ini ditentukan oleh prestasi yang bersangkutan dalam:
a.
Observasi dan Orientasi serta
Partisipasi Aktif Kegiatan Kelas;
b.
Kehadiran dalam Tatap Muka di Kelas
Minimal 80%;
c.
Laporan Pembuatan Tugas Terstruktur;
d.
Laporan Literatur (Annotated
Bibliography);
e.
Partisipasi aktif dalam cara membuat
laporan ilmiah;
f.
UTS dan UAS.
URAIAN POKOK BAHASAN SETIAP
PERTEMUAN
I.
Membahas Silabus Perkuliahan
1.
Mengakomodasi berbagai masukan dari
peserta perkuliahan
2.
Tujuan Perkuliahan:
Mahasiswa Program Pendidikan Bahasa Arab Semester tujuh (7) UPI mampu mengerti, menghayati dan
memahami deskripsi, arah serta tujuan perkuliahan Taujih Risalah Ilmiah
Pendidikan Bahasa Arab, serta memiliki kemampuan untuk mengaplikasikannya ke
dalam suatu rumusan Risalah ilmiah berikut ketentuan-ketentuan perkuliahan yang
harus dilaksanakan para mahasiswa selama satu semester.
3.
Ruang Lingkup Perkuliahan:
3.1.
Pembekalan materi;
3.2.
Tugas terstruktur;
3.3.
Tugas mandiri;
3.4.
Tugas Kelompok
3.5.
Latihan terbatas membuat Proposal
Penelitian Ilmiah;
3.6.
Ujian tengah semester (UTS) dan
Ujian Akhir Semester
Ruang Lingkup Pembelajaran:
a.
Pembelajaran pengetahuan
(knowledge);
b.
Pembelajaran pemahaman
(comprehention);
c.
Pembelajaran penerapan (aplikasi)
d.
Pembelajaran analisis;
e.
Pembelajaran sintesis;
f.
Pembelajaran Ketrampilan Proses;
g.
Pembelajaran evaluasi.
4.
Prosedur Perkuliahan:
a.
Mengembangkan apersepsi peserta
kuliah;
b.
Pemilihan dan penentuan metode yang
bervariasi;
c.
Pengembangan dan pemanfaatan media
sumber belajar;
d.
Penggunaan pendekatan yang edukatif
dan kebermaknaan;
e.
Tatap muka perkuliahan minimal 80 %;
f.
Penilaian keberhasilan
5.
Tugas:
a.
Tugas individual (terstruktur)
b.
Tugas Kelompok;
c.
Tugas Akhir.
6.
Ujian:
a.
Objektif test;
b.
Essay;
7.
Sumber:
Arifin, E. Z. (1998). Dasar-dasar Penulisan Karya-karya Ilmiah. Jakarta : PT. Gramedia.
Asy’ari, S.I. (1984). Petunjuk Teknis Menulis Naskah Ilmiah. Surabaya : Usaha Nasional.
Boeriswati, Endry. (1991). Ensiklopedia Nasional Indonesia. Jakarta : PT. Cipta Adi
Pustaka.
Brotowidjoyo, M.D. (2002). Penulisan Karangan Ilmiah. Jakarta : Akademika
Presindo.
Cik Hasan B. (2001). Penuntun
Penyusunan Rencana Penelitian dan Penulisan Skripsi. Divisi Buku
Perguruan Tinggi. Jakarta:
Raja Grafindo Persada.
Ekosusilo, M. (1995). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Semarang : Dahara Prize.
Komarudin. (2000). Kamus Istilah Skripsi dan Tesis. Bandung : Angkasa.
Ps, Djarwanto. (1992). Petunjuk Teknis Penyusunan Skripsi.
Yogyakarta : BPFE
Libaidhy. (1985). Dzaqoqun wa
Akhorun fi Bahtsil Ilmy. Amman:
Daarul Fikry.
Salaby A. (1981). Kaifa
Taktubu Bahtsan wa Risalatan. Mesir: Libaidhy.
Sudjana, N. (1988). Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah, Makalah,
Skripsi, Tesis, dan Desertasi. Bandung
: Sinar Baru
Suherman A. (2002). Buku Ajar Mata Kuliah
Taujih Risalah Ilmiah Pendidikan Bahasa Arab Universitas Pendidikan Indonesia
(Hal.52). Bandung:
Pusat Studi Islam dan Bahasa Arab UPI (PSIBA).
Surakhman, W. (2002). Paper, Thesis, dan Desertasi. Bandung : Tarsito.
Suryadi. (1980). Penuntun Penyusunan Paper, Skripsi, Tesis, dan
Desertasi. Surabaya
: PT. Usaha Nasional.
Syihabuddin. Et. Al. (2002).
Diktat Cara
Penulisan Karya Ilmiah (Laporan Buku, Makalah dan Skripsi). Bandung: Pusat Studi
Islam dan Bahasa Arab UPI (PSIBA).
Sultan Hananisa wa Syarif al
Ubaidy. (1984). Asasiyatul Bahtsi al Ilmi Baina al
Nadhoniyyah wa Tatbiq. Riyadl: Daarul Ulum.
Tim
Penyusun Penulisan Karya Ilmiah. (2001).
Pedoman
Penulisan Karya Ilmiah (Laporan Buku, Makalah, Skripsi, Tesis, Disertasi).
Bandung: Depdiknas Universitas Pendidikan Indonesia.
Westra, P. (1991). Pedoman Penulisan Skripsi : Berdasarkan Penelitian
Empiris di Lingkungan Perguruan Tinggi. Airlangga
University Press.
Widyamartaya, Al. (1997). Dasar-dasar Menulis Karya
Ilmiah. Jakarta : PT. Gramedia
Widiarsana Indonesia.
II.
|
Pokok Bahasan
|
Ruang Lingkup Pokok Bahasan
|
||||
Makalah ( مـقـالـة ) |
1. Pengertian
Makalah (مـعـنى
الـمـقـالـة )
2. Karakteristik
Makalah (خـصـائـض
الـمـقالـة)
3. Jenis
Makalah ( انـواع
الـمـقالـة )
4. Jenis Makalah & Jenjang Pendidikan (انـواع
الـمـقالـة ومـراحـل التـعـليـم )
5. Sistematika
Makalah ( نـظـام
الـمـقالـة )
|
|||||
III.
|
Pokok Bahasan
|
Ruang Lingkup Pokok Bahasan
|
||||
Penulisan Laporan Buku ( كـتابـة الـتـقـريـر) |
1. Pengertian (مـفـهـوم/
مـعـنى الـتقـريـر)
2. Jenis
laporan (انـواع
الـتـقـاريـر)
3. Sistematika
laporan (نـظـام
الـتـقـريـر)
|
|||||
IV.
|
Pokok Bahasan
|
Ruang Lingkup Pokok Bahasan
|
||||
Penulisan Skripsi) كـتابـة الـرسـالـة( |
1.
Pengertian Skripsi:
1.1. karya
ilmiah yang ditulis melalui kegiatan perencanaan;
1.2. karya
ilmiah resmi akhir seorang mahasiswa;
1.3. bukti
kemampuan akademik;
1.4. disusun
dan dipertahanka untuk mencapai gelar sarjana kependidikan di lingkngan UPI
2.
Tujuan penulisan skripsi merupakan
bekal pengalaman belajar ilmiah
3.
Karakteristik penulisan skripsi:
3.1. terarah
pada eksplorasi;
3.2. berdasarkan
hasil pengamatan;
3.3. ditulis
sesuai dengan program pendidikan bahasa Arab;
3.4. berbobot
4 SKS
4.
Ruang lingkup skripsi difokuskan
pada teori (ilmu kebahasaan; (2) Kesastraan; (3) Seni; (4) Pendidikan dan
pengajaran
|
|||||
V.
|
Pokok Bahasan
|
Ruang Lingkup Pokok Bahasan
|
||||
Persyaratan, Pembimbingan, dan Penilaian Skripsi |
1. Syarat
diperkenankan menyusun skripsi adalah:
1.1. telah
lulus minimal 105 SKS, dengan IPK minimal 2,50;
1.2. lulus
m.k. penelitian pendidikan, dengan nilai minimal 2,0;
1.3. bimbingan
skripsi paling lama 6 bulan;
1.4. tebal
skripsi minimal 50 halaman
2. Prosedur
bimbingan skripsi:
2.1. tahap
persiapan
2.2. tahap
pelaksanaan penelitian dan bimbingan
2.3. tugas-tugas
pembimbing I
2.4. Tugas-tugas
pembimbing II
3. Penilaian
skripsi meliputi: (1) isi; (2) bahasa; (3) metode; (4) sistematika
3.1. penilaian
dalam sidang meliputi (1) penguasaan materi; (2) penguasaan metodologi (3)
kemampuan berargumentasi
4. Bila
dalam sidang mempertahankan skripsi ditemukan naskah skripsinya masih
mengandung kelemahan yang cukup mendasar
|
|||||
VI.
|
Pokok Bahasan
|
Ruang Lingkup Pokok Bahasan
|
||||
Sistematika
Penulisan Skripsi
الـهيـكل التـنظـيمي لمـهتويات البحـث
|
1. Sistematika
penulisan skripsi meliputi:
1.1. Judul
1.2. Kedudukan
tim pembimbing
1.3. Kata
pengantar
1.4. Abstrak
1.5. Daftar
isi
1.6. Daftar
tabel
1.7. Daftar
bagan
1.8. Daftar
gambar
1.9. Bab
I Pendahuluan
1.10.
Bab II Landasan teoritis
1.11.
Bab III Metode penelitian
1.12.
Bab IV Hasi dan pembahasan
1.13.
Bab V Kesimpulan
1.14.
Daftar Pustaka
1.15.
Lampiran
1.16.
Riwayat Hidup
|
|||||
VII.
|
Pokok Bahasan
|
Ruang Lingkup Pokok Bahasan
|
||||
Langkah- LANGKAH Penulisan
Skripsi Pada:
Kata Pengantar ( شـكـر وتـقـديـر )
Abstrak ( مـجـرد )
Daftar Isi ( الـمـحـتويات )
Daftar Tabel ( قائـمة الـجـداول )
Daftar Gambar ( قـائـمة الـصـور )
Daftar Lampiran ( قـائـمة الـمـلاحـق )
|
1. Kata
Pengantar:
1.1. mengantarkan
para pembaca kepada permasalahan yang diteliti;
1.2. dikemukakan
ucapan-ucapan terima kasih
2. Abstrak,
meliputi:
2.1. judul;
2.2. permasalahan;
2.3. pendekatan
terhadap masalah;
2.4. landasan
teoritik
3. Daftar
isi berfungsi untuk mempermudah para pembaca mencari judul yang diinginkanya
4. Daftar
tabel menyatakan daftar urut tabel dengan menggunakan dua angka (Hindu-Arab)
5. Judul
gambar ditulis dengan huruf besar untuk setiap huruf awal dari setiap kata
6. Daftar
lampiran nomor huruf lampiran (Hindu-Arab), nama lampiran, nomor halaman
|
|||||
VIII.
|
Pokok Bahasan
|
Ruang Lingkup Pokok Bahasan
|
||||
Ujian Tengah Semester
|
1. Deskripsi
Mata Kuliah Taujih Risalah Ilmiah Pendidikan Bahasa Arab;
2. Tujuan
Mata Kuliah Taujih Risalah Ilmiah Pendidikan Bahasa Arab;;
3. Makalah;
4. Penulisan
Laporan Buku;
5. Penulisan
Skripsi;
6. Persyaratan
Pembimbingan, dan Penilaian Skripsi;
7. Sistematika
Penulisan Skripsi;
8. Langkah-Langkah
Penulisan Skripsi
|
|||||
IX.
|
Pokok Bahasan
|
Ruang Lingkup Pokok Bahasan
|
||||
Sistematika
Penulisan/Pembahasan "Pendahuluan"
|
-
Latar Belakang Masalah ( الـتـمـهـيد للـمـشـكلـة )
-
Rumusan Masalah ( صـياغـة الـمـشـكلة )
-
Tujuan Penelitian (اهـداف الـبـحـث )
-
Kegunaan Penelitian ( فـواشـد الـبـحـث )
-
Asumsi ( مـسـلمات
الـبـحـث )
-
Hipotesis ( فـروض الـبـحـث )
-
Metode Penelitian ( مـنـهـجـية الـبـحـث )
-
Lokasi, Populasi, dan Sampel ( مـكان، ومـجـتـمع الـبـحـث،
وعـيـنـتـه )
|
|||||
X.
|
Pokok Bahasan
|
Ruang Lingkup Pokok Bahasan
|
||||
1.
Sistematika
Penulisan Skripsi pada Bab II
2.
Sistematika
Penulisan Skripsi pada Bab III
|
1. Kajian
pustaka dan perkembangan ilmu dalam
bidang yang ditelliti
2. Tujuan
penulisan landasan teoritis Isi yang terdapat pada Bab III:
2.1. Metode
penelitian
2.2. mencantumnkan
semua prosedur dan tahap-tahap mulai dari persiapan hingga penelitian
berakhir;
2.3. menuliskan
instrumen yang digunakan serta proses pengembangan uji validitas dan
reliabilitas
2.4. dll.
|
|||||
XI.
|
Pokok Bahasan
|
Ruang Lingkup Pokok Bahasan
|
||||
Penyajian Hasil Penelitian |
-
BAB IV. Hasil Penelitian dan
Pembahasannya ( الباب
الرابع: الـنتـائـج وبحـثـها )
-
Bab V. Kesimpulan dan Rekomendasi
( الباب
الخامس: الـنـتائـج والاقـتراحـات )
-
Daftar Pustaka ( الـمـراجع )
-
Lampiran-Lampiran ( مـلاحـق )
-
Riwayat Hidup ( سـيرة الـمـؤلـف )
|
|||||
XII.
|
Pokok Bahasan
|
Ruang Lingkup Pokok Bahasan
|
||||
Jenis/Model Penulisan Skripsi |
- Jenis Penulisan dengan Huruf Latin
-
Jenis Penulisan dengan Huruf Arab
-
Jenis Penulisan Pada Sampul Luar
|
|||||
XIII.
|
Pokok Bahasan
|
Ruang Lingkup Pokok Bahasan
|
||||
TUGAS
|
Cara-Cara Membuat Proposal
Penelitin pada Program Pendidikan Bahasa Arab
|
|||||
XIV.
|
Pokok Bahasan
|
Ruang Lingkup Pokok Bahasan
|
||||
Teknik Penulisan Skripsi |
§ Teknik Penulisan pada Halaman Persetujuan
§ Teknik Penulisan Menulis kutipan
§ Teknik/Cara
menulis Angka
§ Teknik/Cara
Menulis Singkatan
|
|||||
XV.
|
Pokok Bahasan
|
Ruang Lingkup Pokok Bahasan
|
||||
Karakteristik Penulisan Daftar Pustaka |
1.
Menul;iskan nama dalam daftar
pustaka (1) menuliskan terlebih dahulu nama belakang, kemudian (2) nama depan
disingkat
2.
Penulisan daftar pustaka bila
sumbernya jurnal : (1) nama belakang penulis disingkat; (2) tahun penerbitan
dalam kurung; (3) judul artikel ditulis di antara tanda petik; (4) judul
jurnal digaris bawahi; (5) nomor volume dengan angka Arab; (6) nomor
penerbitan; (7) nomor halaman.
3.
Kalau sumbernya buku: (1) nama
belakang penulis disingkat; (2) tahun penerbitan, dalam kurung; (3) judul
buku digaris bawahi; (4) Edisi; (5) Kota asal; (6) penerbit.
4.
Kalau sumbernya di luar jurnal dan
buku: (1) nama belakang penulis; (2) tahun dicetak, di dalam kurung; (3)
judul penulisan (diketik dengan huruf miring; (4) nama kota penerbit; (5) nama penerbit.
5.
bila sumbernya dari internet: (1)
pengareang/penyunting; (2) (tahun); (3) judul (edisi); (4) [jenis medium];
(5) Tersedia: alamat di internet. [tanggal diakses].
|
|||||
XVI.
|
Pokok Bahasan
|
Ruang Lingkup Pokok Bahasan
|
||||
Ujian Akhir Semester
|
1. Sistematika
penulisan/pembahasan "Pendahuluan"
2. Sistematika
penulisan Skripsi pada Bab II dan Bab III;
3. Penyajian
Hasil Penelitian;
4. Jenis/Model
Penulisan Skripsi;
5. Teknik
Penulisan Skripsi;
6. Karakteristik
Penulisan Daftar Pustaka
|
|||||
0 Response to "CONTOH SILABUS DAN MAKALAH PENDIDIKAN BAHASA ARAB"
Post a Comment