PENDAHULUAN
Kemajuan teknologi modern tentang komputer merupakan salah satu faktor yang
mempengaruhi pembaharuan dalam dunia pendidikan. Pada bidang pendidikan,
pemerintah dan masyarakat umum telah memberikan perhatian yang mendalam tentang
kemajuan teknologi modern ini. Teknologi dapat membantu mencapai sasaran dan
tujuan pendidikan sehingga proses belajar mengajar akan lebih berkesan dan
bermakna (Asra, 2009). Teknologi informasi turut berkembang sejalan
dengan perkembangan peradaban manusia. Perkembangan teknologi informasi
meliputi perkembangan infrastruktur teknologi
informasi, seperti hardware,
software, teknologi penyimpanan data (storage), dan
teknologi komunikasi (Laudon, 2006 dalam
Noviari, 2009).
Kemajuan media komputer memberikan beberapa
kelebihan untuk kegiatan produksi audio visual. Pada tahun-tahun belakangan
komputer mendapat perhatian besar karena kemampuannya yang dapat digunakan
dalam bidang kegiatan pembelajaran. Ditambah dengan teknologi jaringan dan internet, komputer seakan menjadi
primadona dalam kegiatan pembelajaran. Penggunaan komputer merupakan salah satu bagian dari teknologi
informasi yang saat ini digunakan oleh para praktisi pendidikian dalam upaya
menyajikan materi pelajaran. Komputer sebagai penyedia informasi dirasakan
perlu untuk digunakan karena dapat menyajikan informasi dengan baik (Sihombing,
2010). Media pembelajaran memberikan penekanan
pada posisi media sebagai wahana penyalur pesan atau informasi belajar untuk
mengkondisikan seseorang untuk belajar. Dengan kata lain,
pada saat kegiatan belajar berlangsung bahan belajar (learning matterial) yang
diterima siswa diperoleh melalui media (Asra, 2009)
Media pengajaran yang sedang berkembang untuk saat ini yaitu multimedia.
Penggunaan multimedia merupakan kombinasi dari grafik, teks, suara, video, dan
animasi. Objek yang tidak dapat dilihat langsung, dapat digantikan dengan
penggunaan multimedia yang berupa penayangan teks, grafik, suara, video, dan
animasi. Multimedia
mengandung unsur komputer. Multimedia memberikan kesempatan untuk belajar tidak
hanya dari satu sumber belajar seperti guru, tetapi memberikan kesempatan
kepada subjek mengembangkan kognitif dengan lebih baik, kreatif dan inovatif.
Hal ini salah satunya karena informasi disajikan dalam dua atau lebih bentuk
seperti dalam bentuk gambar dan kata-kata (Saguni, 2006). Media pembelajaran dapat digunakan untuk meningkatkan pengalaman belajar ke
arah yang lebih konkret. Multimedia sebagai gabungan berbagai jenis media mampu
menciptakan suasana belajar yang begitu menarik dan menyenangkan sehingga akan
memberikan motivasi belajar yang lebih tinggi dalam diri seswa. Multimedia
memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar tidak hanya dari guru, tetapi
memberikan kesempatan siswa untuk mengembangkan kognitif dengan lebih baik,
kreatif dan inofatif. Hal ini salah satunya karena informasi disajikan dalam
dua atau lebih bentuk seperti gambar dan kata-kata (Puspita, 2008).
Media animasi yang merupakan kumpulan
gambar yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan gerakan dan dilengkapi
dengan audio sehingga berkesan hidup serta menyimpan pesan-pesan pembelajaran.
Kehadiran media animasi dalam pembelajaran Biologi sangat mendukung proses
penyampaian berbagai informasi dari guru ke siswa. Proses-proses biologi yang
kompleks dapat dengan mudah dijelaskan kepada siswa, seperti proses
fotosintesis, respirasi aerob, dan berbagai proses dalam sistem organ manusia. Pada
proses belajar mengajar, siswa sering dihadapkan pada materi yang abstrak dan
diluar pengalaman sehari-hari sehingga matri pelajaran sulit diterima dan
dipahami oleh siswa. Keistimewaan yang dimiliki oleh animasi intinya untuk
memvisualisasikan konsep abstrak yang sulit dipraktekkan dikelas (Sihombing,
2010).
Berdasarkan penelitian yang dilakukan
Radita (2010) didapatkan bahwa perencanaan penggunaan media pembelajaran
dalam silabus dan RPP belum sesuai dengan realisasinya. Media pembelajaran yang
sering digunakan terdiri dari 2-3 jenis media antara lain media visual yaitu
charta, media benda yaitu model, dan media cetak yaitu LKS. Hanya beberapa guru
yang mencantumkan penggunaan media komputer dalam RPP dan silabus. Kendala
dalam merealisasikan penggunaan media komputer adalah kurangnya kreativitas
guru. Padahal menurut penelitian O’Day (2006) menunjukkan penggunaan media
animasi dalam pembelajaran biologi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap
hasil belajar siswa.
SMA
Negeri 1 Indralaya adalah salah satu SMA yang terdapat di Ogan Ilir. SMA ini
memiliki ruang multimedia yang didalamnya terdapat komputer dan LCD yang bisa
menunjang proses pembelajaran. Berdasarkan pengamatan peneliti, ruang
multimedia ini hanya digunakan oleh guru mata pelajaran komputer, sedangkan
guru mata pelajaran lain jarang sekali menggunakan ruang multimedia ini.
Berdasarkan uraian diatas, maka dipandang perlu untuk
melakukan penelitian tentang penggunaan media animasi dalam pembelajaran
biologi di kelas XI SMA Negeri I Indralaya. Oleh karena itu, peneliti tertarik
untuk melakukan penelitian dengan judul penelitian ”Pengaruh Media Animasi terhadap Penguasaan Konsep
Sistem Sirkulasi pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri I Indralaya”. Rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh media animasi terhadap penguasaan konsep
sistem sirkulasi siswa kelas XI IPA SMA
Negeri I Indralaya. Dalam
penelitian ini dibatasi pada penggunaan
animasi dengan menggunakan software Microsoft Power Point pada proses penyampaian
pembelajaran terhadap penguasaan konsep sistem sirkulasi pada siswa
kelas XI IPA SMA Negeri I Indralaya. Sesuai dengan rumusan masalah
diatas, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media animasi terhadap penguasaan konsep
sistem sirkulasi pada siswa kelas XI IPA
SMA Negeri I Indralaya.
Hasil
penelitian ini diharapkan dapat menambah informasi tentang pengaruh media animasi terhadap penguasaan konsep
sistem sirkulasi siswa kelas XI IPA SMA
Negeri I Indralaya. Bagi guru, dapat memberikan masukan cara atau metode yang
cocok dalam menyajikan materi agar mampu merangsang siswa untuk belajar. Serta
dapat mengetahui sukses tidaknya penerapan pengajaran dengan menggunakan
multimedia khususnya animasi terhadap penguasaan konsep siswa dalam mempelajari
biologi. Bagi sekolah, agar lebih memperhatikan pengadaan media pendidikan bagi
menunjang lancarnya pelaksanaan proses belajar mengajarNB:UNTUK MAKALAH LENGKAPNYA SILAHKAN TEMAN TEMAN REQUEST DAN TINGGALKAN ALAMAT E_MAILNYA.
0 Response to "DOWNLOAD MAKALAH BIOLOGI Pengaruh Media Animasi terhadap Penguasaan Konsep Sistem"
Post a Comment