SILABUS, SAP, DAN HAND-OUT
PENGANTAR
ILMU SOSIAL
(III- HAND-OUT)
(LOGO)
DISUSUN:
PROF. DR.H. DADANG SUPARDAN, M.PD.
FAKULTAS PENDIDIKAN ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
UNIVERSITAS PENDIDIKAN
INDONESIA
2011
SILABUS
PENGANTAR ILMU SOSIAL
Mata Kuliah :
Pengantar Imu Sosial
Kode Mata Kuliah :
501
SKS :
3 SKS
Dosen Peanggung
Jawab : Dr. H. Dadang Supardan, M.Pd.
Program Studi :
S-1 (Seluruh Jurusan dan Prodi di FPIPS)
Prasyarat :
-
Waktu Perkuliahan :
(Sesuai Jurusan dan Prodi)
A. Deskripsi Mata Kuliah
Mata Kuliah ini akan menyajikan dan mendiskusikan beberapa pokok bahasan;
pengertian, ruang lingkup, pendekatan-metode-teknik, sejarah perkembangan
ilmu-ilmu sosial, deskripsi konsep-konsep, generalisasi, dan teori-teori ilmu
sosial (sosiologi, antropologi, geografi, sejarah, ekonomi, psikologi, dan ilmu
politik).
B. Pengalaman Belajar
Selama mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diwajibkan:
1. Memenuhi jumlah kehadiran kuliah minimal
80% dari seluruh pertemuan yang dialokasikan.
2. Mengikuti ceramah, tanya jawab, dan
diskusi kelas
3. Tiap kelompok menyajikan makalahnya di
kelas sesuai dengan penugasan.
C. Evaluasi Hasil Belajar
Keberhasilan mahasiswa dalam perkuliahan ini ditentukan oleh prestasi yang
bersangkutan dalam:
1. Kerajinan dan tanggung jawab mahasiswa
dalam mengikuti kegiatan perkuliahan.
2. Aktivitas dan partisipasi dalam kegitan di
kelas.
3. Pembuatan an penyajian makalah sesuai
dengan tugas yang diberikan.
4. Laporan literature (annoted bibliografy).
5.
UTS dan UAS; Bentuk Soal : Essay dn Objective test
6.
Nilai akhir ujian berdasarkan rumus dari akumulasi:
kehadiran, tugas-tugas, UTS, dan UAS.
D. Tujuan Mata Kuliah
Setelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu:
1. Memahami dan menjelaskan pengertian dan
ruang lingkup ilmu (sosial), struktur ilmu (fakta, konsep, generalisasi, teori
dan peranannya).
2. Memahami dan menjelaskan pengertian, ruang
lingkup, pendekatan/metode/teknik sejarah perkembangan, konsep-konsep,
generalisasi-generalisasi, dan teori-teori sosiologi.
3. Memahami dan menjelaskan pengertian, ruang
lingkup, pendekatan/metode/teknik sejarah perkembangan, konsep-konsep,
generalisasi-generalisasi, dan teori-teori antropologi.
4. Memahami dan menjelaskan pengertian, ruang
lingkup, pendekatan/metode/teknik sejarah perkembangan, konsep-konsep,
generalisasi-generalisasi, dan teori-teori geografi..
5. Memahami dan menjelaskan pengertian, ruang
lingkup, pendekatan/metode/teknik sejarah perkembangan, konsep-konsep,
generalisasi-generalisasi, dan teori-teori sejarah..
6. Memahami dan menjelaskan pengertian, ruang
lingkup, pendekatan/metode/teknik sejarah perkembangan, konsep-konsep,
generalisasi-generalisasi, dan teori-teori ekonomi.
7. Memahami dan menjelaskan pengertian, ruang
lingkup, pendekatan/metode/teknik sejarah perkembangan, konsep-konsep,
generalisasi-generalisasi, dan teori-teori psikologi.
8. Memahami dan menjelaskan pengertian, ruang
lingkup, pendekatan/metode/teknik sejarah perkembangan, konsep-konsep,
generalisasi-generalisasi, dan teori-teori ilmu politik.
E. Uraian Pokok Bahasan
Setiap Perkuliahan
I.a. Membahas silabus
perkuliahan dan mengakomodasi berbagai masukan dari mahasiswa untuk memberi
kemungkinan revisi atau penyempurnaan terhadap pokok bahasan yang tidak penting
dan memasukkan pokok bahasan yang dianggap penting serta relevan. Sesuai dengan
apa yang dikemukakan dalam silabus, pada pertemuan ini dikemukakan pula tujuan,
ruang lingkup, prosedur perkuliahan, penjelasan tentang tugas-tugas yang harus
dilakukan mahasiswa, ujian yang harus diikuti termasuk jenis soal dan cara
menyelesaikan/menjawab pertanyaan-pertanyaan dan buku-buku sumbernya.
b. Pengertian
Ilmu, Ilmu Sosial, dan Struktur Ilmu
1.Pengertian ilmu,
ilmu sosial, dan ruang lingkup ilmu-ilmu sosial.
2.Metode ilmiah dan kebenaran ilmiah.
II.
a.
Pengertian dan ruang lingkup sosiologi.
b. Pendekatan, metode, teknik, jenis penelitian
soiologi.
c. Manfaat Sosiologi.
d. Hubungan soiologi dengan ilmu-ilmu sosial
lainnya.
III. Struktur ilmu sosiologi
a.
Sejarah perkembangan sosiologi
b. Konsep-konsep sosiologi
c. Generalisasi-generalisasi sosiologi
d. Teori-teori sosiologi
IV. Antropologi
a. Pengertian dan rang lingkup antropologi
b. Pendekatan, metode, teknik, dan ilmu bantu
antropologi.
c. Hubungan antropologi dengan ilmu-ilmu sosial
lainnya.
d. Obyektivitas antropologi
e. Manfaat antropologi
f. Sejarah perkembangan antropologi.
V. Struktur Ilmu Antropologi
- Konsep-konsep antropologi
- Generalisasi-genealisasi antropologi
- Teori-teori antropologi
VI. Ilmu Geografi
- Pengertian dan ruang lingkup ilmu geografi
- Pendekatan, metode, teknik, dan ilmu bantu geografi
- Manfaat terapan ilmu geografi
- Sejarah perkembangan ilmu geogafi
VII. Struktur Ilmu Geografi
- Konsep-konsep geografi
- Generalisasi-generalisasi Geografi
- Teori-teori geografi.
VIII. Ujian Tengah Semester
(UTS)
IX. Ilmu Sejarah
a. Pengertian dan ruang lingkup ilmu sejarah
b. Pendekatan, metode, teknik, dan ilmu bantu
sejarah
c. Kedudukan, peranan, dan fungsi sejarah
d. Rapprochement
ilmu sejarah dengan ilmu-ilmu sosial lainnya
e. Sejarah perkembangan ilmu sejarah
X. Struktur Ilmu Sejarah
- Konsep-konsep sejarah
- Generalisasi-generalisasi sejarah
- Teori-teori sejarah
XI. Ilmu Ekonomi
a. Pengertian dan ruang lingkup ilmu ekonomi
b. Metode ilmu ekonomi
c. Mazhab-mazhab ilmu ekonomi
d. Sejarah perkembangan ilmu ekonomi
XII. Struktur Ilmu Ekonomi
- Konsep-konsep imu ekonomi
- Generalisasi-generalisasi ilmu ekonomi
- Teori-teori ilmu ekonomi
XIII. Psikologi
- Pengertian dan ruang lingkup psikoogi
- Pendekatan, metode, teknik, dan imu bantu psikologi
- Mazhab-mazhab psikologi
- Sejarah perkembangan psikologi
XIV. Struktur Psikologi
- Konsep-konsep psikologi
- Generalisasi-generalisasi psikologi
- Teori-teori psikologi
XV. Ilmu Politik
- Pengertian dan ruang lingkup ilmu politik
- Pendekatan, metode, teknik, an ilmu bantu ilmu politik
- Tujuan dan fungsi ilmu politik
- Hubungan ilmu politik dengan lmu-ilmu sosial lainnya
- Mazhab-mazhab ilmu politik
- Sejarah perkembangan ilmu politik
XVI Struktur Ilmu Politik
- Konsep-konsep ilmu politik
- Generalisasi-generalisasi ilmu politik
- Teori-teori ilmu politik
DAFTAR LITERATUR
Abdullah,
(1992) Materi Pokok Pendidikan IPS-2: Buku 1, Modul 1, Jakarta:
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan , PPPG Tertulis.
Abdullah, T. dan
Surjomihardjo, A, (1985) Ilmu Sejarah dan
Historiografi Arah dan Perspektif,
Jakarta, PT. Gramedia: jakarta.
Adam,
Barbara (2000) “Waktu” dalam Kuper, Adam & Kuper, Jesica, (ed) (2000)
Ensiklopedi Ilmu-ilmu Sosial, Diterjemahkan Oleh Haris Munandar dkk, Jakarta: Raja Grafindo Persada, hlmn,
1096-1097.
Adam, Barbara, (1990a) Time and Social Theory, Cambridge, Simon
& Schuster UK Ltd:
Adam, Barbara (1990b) Time watch: The
Social Analysis of Time, Cambridge:
Simon & Schuster UK Ltd
Adiwikarta, Sudardja (1988) Sosiologi
Pendidikan: Isyu dan Hipotesis Tentang Hubungan Pendidikan dengan Masyarakat, Jakarta: Depdikbud,
Proyek Pengembangan Le,baga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
Al-Sharqawi,
Effat, (1986) Filsafat Kebudayaan Islam, Terjemahan Ahmad Rofi Usmani,
Bandung: Pustaka.
Almond, Gabriel A. dan Verba, S. (eds)
(1963) The Civic Culture: Political
Attitudes and Democracy in Five Nations, Princeton,NJ: Princenton University Press.
Almond, Gabriel A. (1960) ”Introduction:
a functional approach to comparative politics” dalam Gbriel A. Almond dan J.S
Coleman (eds) The Politics of the Developing Areas, Princeton,
N.J:Princenton University Press.
Anastasi,
Anne dan Urbina Susana (1997) Tes Psikologi Jilid 1 dan 2,
Penerjemah Robertus Hariono, Jakarta
Prenhallindo.
Anastasi,
Anne (1989) Bidang-bidang Psikologi Terapan, Penerjemh Aryatmi dkk,
Jakarta: CV Rajawali.
Anderson, B. (1983) Immagined Communities,
Reflection on the Origin and Spread of Nationalism, London: The Thetford Press, Ltd..
Andreae, Bernd (1986) “Geografi
Pertanian di Daerah Tropis Beriklim Lembab” dalam Pembangunan Pertanian daerah
tropis beriklim lembab” dalam Jurgen H.Honholz, (Ed) Geografi Pedesaan:
Masalah Pengembangan Pangan, PenerjemahThomas Rieger dan Sony Keraf,
Jakarta: Karya Unipress.
Apter,
David A. (1996) Pengantar Analisa Politik, Diterjemahkan Oleh Setiawan
Abadi, Jakarta: LP3ES.
Atkinson, Rita,L. Ed. (1996) Pengantar
Psikologi, Jilid 1 dan 2, Alih
Bahasa, Nurdjannah Taufiq dan Agus Dharma, Jakarta: Erlangga.
Baker, Alan,
R. (2000) “Geografi Sejarh” dalam Adam Kupper & Jessica Kupper, Ed. Ensiklopedi
Ilmu-ilmu Sosial, Diterjemahkan Haris Munandar dkk. Jakarta: PT Raja
Grafindo Persada., hlmn.437-438.
Ballantine, Jeanne,H. (1983) The
Sociology of Education: A Scientific Analysis, New Jersey: Prentice Hall.
Bandura, Albert (1973) Aggression: A
Social Learning Analysis, Englewood
Cliffs, N.J: Prentice Hall.
Banks, James, A. (1970) Teaching the
Black Experience: Methods and Materials, Belmont, Calif:
Fearon.
Banks, James A. (1977) Teaching
Strategies for the Social Studies: Inquiry, Valuing, and Decision-Making,
Phippines,: Addison-Wesley Publishing Company.
Barnes,
Trevor (2000) “Geografi Ekonomi” dalam Adam Kupper & Jessica Kupper, Ed. Ensiklopedi
Ilmu-ilmu Sosial, Diterjemahkan Haris Munandar dkk. Jakarta: PT Raja
Grafindo Persada., hlmn.266-267.
Bauman, Zygmunt (2000) “Sosiologi” dalam
dalam Kuper, Adam & Kuper, Jesica, (ed) (2000) Ensiklopedi Ilmu-ilmu
Sosial, Diterjemahkan Oleh Haris Munandar dkk, Jakarta:
Raja Grafindo Persada, hlmn. 1023-1034.
Bintarto,
R. dan Hadisumarno, Surastopo dan (1979) Metode Analisa Geografi,
Jakarta Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial
Bliss.
Christopher (2000) “Ilmu Ekonomi” dalam Kuper, Adam & Kuper, Jesica, (ed)
(2000) Ensiklopedi Ilmu-ilmu Sosial, Diterjemahkan Oleh Haris Munandar
dkk, Jakarta: Raja Grafindo Persada,
hlmn. 272-277.
Blum,
Lawrence, A. (2001) “Antirasisme,
Multikulturalisme, dan Komunitas antar
Ras: Tiga Nilai Yang Bersifat Mendidik Bagi Sebuah Masyarakat Multikultural”,
Penerjemah Sinta Carolina dan dadang Rusbiantoro, dalam Larry May dkk. Etika
Terapan-1, Sebuah Pendekatan Multikultural, Yogyakarta: Tiara Wacana.
Braudel, Fernand (1966) The
Mediterranean and the Mediterranean World
in the Age of Philip II, second edition, Terjemahan Bahasa Inggeris, London.
Burke, Peter (2001) Sejarah dan Teori
Sosial, Alih Bahasa Mestika Zed & Zulfami, Jakarta:
Yayasan Obor Indonesia.
Burke, Peter (2000) “Sejarah” dalam
Kuper, Adam & Kuper (ed), Jesica, (ed) (2000) Ensiklopedi Ilmu-ilmu
Sosial, Diterjemahkan Oleh Haris Munandar dkk, Jakarta:
Raja Grafindo Persada, hlmn. 440-444.
Cannell, Fenella, (2000) “Patriarki”
dalam Kuper, Adam & Kuper, Jesica, (ed) (2000) Ensiklopedi Ilmu-ilmu
Sosial, Jilid I, Diterjemahkan Oleh Haris Munandar dkk, Jakarta:
Raja Grafindo Persada, hlmn. 734-736..
Cialdini, Robert. B. (2000) “Norma”
dalam Kuper, Adam & Kuper, Jesica, (ed) (2000) Ensiklopedi Ilmu-ilmu
Sosial, Jilid 2, Diterjemahkan Oleh Haris Munandar dkk, Jakarta:
Raja Grafindo Persada, halm. 708-709.
Collins, Randall, (1975) Conflict
Sociology: Toward an Explanatory Science,
New York: Academic Press.
Comte, Auguste, (1958) The Positive
Philosophy of Auguste Comte, Terjemahan Harriet Martineau, New York: Calvin Blancahard.
Conrad, P. dan Schneider, J.W. (1980) Deviance
and Medicalization: From Badness to Sickness, St.Louis MO.
Coser, Lewis, A. (1956) The Function
of Social Conflict, Glencoe, III,: Free Press.
Coward, R. (1983) Patriarchal
Precedents: Sexuality and Social Relations, London. :
Dahrendorf, Ralf, (1959) Class and
Class Conflict in Industrial Society, Stanford University
Press. D’Andrade, R. (1995) The Development of Cognitive Antrophology, Cambridge, UK.
Dahrendorf, Ralf (2000) “Social Science
(Ilmu Sosial)” dalam Adam Kuper & Jesica
Kuper, Ensiklopedi Ilmu-ilmu Sosial, Diterjemahkan oleh Haris
Munandar, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Dhal, Rober, A. (1994) Analisis
Politik Modern, Alih Bahasa: Mustafa Kamil Ridwan, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Dollard, J. Doob, L.W. Miller, N.E.
Mowrer, O.H. and Sears, R.L. (1939) Frustration and Agression, New
Havent, C.T.
Durkheim, Emile (1964) The Division
of Labour in Society, Terjemahan George Simpson, New York: Free Press.
Duverger, Maurice, (1985) Sosiologi
Politik, Penerjemah Daniel Dhakidae, Jakarta:
CV Rajawali.
Easton, David (1971) The Political System,
New York:
Alfred A. Knopf, Inc.
Foster dan Anderson
(1986) Antropologi Kesehatan, Alih Bahasa: Priyanti Pakan Suryadarma dan
Mutia F. Hatta Swasono, Jakarta:
UI Press.
Fraenkel, Jack, R. (1980) Helping
Students Think and Value. Strategies for Teaching the Social Studies, Englewood Cliffs, New
Jersey: Prentice-Hall,Inc.
Frankenberg, Ronald (2000) “Antropologi
Medis”, dalam Adam Kuper & Jesica
Kuper, Ensiklopedi Ilmu-ilmu Sosial, Diterjemahkan oleh Haris
Munandar, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, halmn. 641-643.
Frazer, J.G. (1932) The Magic Art and
Evolution of King, 2 vol. London:
Routledge & Kegan Paul.
Eysenck, M.W. (1984) A Hanbook of
Cognitive Psychology, London:
Routledge and Kegan.
Geertz, Clifford (1973) The
Interpretation of Cultures: Selected
essay, New Yorl: Basic Books.
Gerungan,
W.A. (2000) Psikologi Sosial, Bandung: Refika Aditama.
Giddens, Anthony (1984) The Constitution of Society, Cambridge, Polity Press.
Giddens, Anthony (1976) New Rules of
Sociological Methods: A Positive Critique of Interpretative Sociology, London.
Giddens, Anthony, (1973) The Class Structure of the Advanced
Societise, London: Hutchinson.
Gie, The Liang (1999) Pengantar
Filsafat Ilmu, Edisi Kedua (Diperbaharui) Yogyakarta:
Penerbit Liberty.
Gottchalk, Louis (1986) Mengerti
Sejarah, Penerjemah Nugraho Notosusanto, Yogyakarta:
Tiara Wacana Yogya.
Gray, Wood, et.al. (1964) Historian’s
Hanbook. A Key to Study and Writing of History, Boston: Houghton Miffin Company.
Guha, R. (ed) (1994) Subaltern
Studies: Writing on South Asian History and Society, volume 2, New Delhi.
Guha, R. (1982) “Some aspects of the
Historigraphy of colonial India”,
dalam Subaltern Studies, New
Delhi.
Hall, Calvin dan Lindzey, Gardner, (1993) Psikologi Kepribadian1-3:
Teori-teori Sifat dan Behavioristik,
Terjemahan Yustinus, Yogyakarta: Kanisius.
Hartshorne, R. (1960) Perspective on
the Nature of Geography, Chicago:
Rend McNally & Company.
Haviland, William A (1999) Antopologi,
Jilid 1, Alih Bahasa: R.G. Soekadijo, Jakarta:
Erlangga.
Himmelfarb, Gertrude (1987) The New
History and the Old, Cambridge, Massachusetts: The Belknap Press of Harvard University
Press.
Horton,
Paul, B. dan Hunt, Chester,L. (1991) Sosiologi Jilid 1, Alih Bahasa Aminuddin Ram dan Tita Sobari,
jakarta: Erlangga.
Humm,
Maggie (2000) ”Teori Feminisme” dalam Adam Kuper & Jesica Kuper, Ensiklopedi Ilmu-ilmu Sosial,
Diterjemahkan oleh Haris Munandar, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Hurlock,
Elizabeth, B. (1980) Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang
Rentang Kehidupan, Alih Bahasa: Istiwidayanti dan Soedjarwo, Jakarta:
Erlangga.
Inkeles, Alex (1965) What is
Sociology? An Introduction to the Discipline and Profession., Englewood Cliffs, N.J.
Prentice-Hall.
Ismaun, (2005) Pengantar Sejarah
Sebagai Ilmu dan Wahana Pendidikan, Bandung:
Historia Utama Press.
Jacson, P. dan Smith, S.J. (1984) Exploring
Social Geography, London:
The English Universities Press Limited.
Jhingan, M.L. (1994) Ekonomi
Pembangunan dan Perencanaan,
Diterjemahkan Oleh D. Guritno, Jakarta:
PT Raja Grafindo Persada.
Johnston, R.J. (2000a) “Geografi” dalam
Adam Kupper & Jessica Kupper, Ed. Ensiklopedi Ilmu-ilmu Sosial,
Diterjemahkan Haris Munandar dkk. Jakarta:
PT Raja Grafindo Persada, hlm. 403-411.
Johnson, Doyle Paul, (1986) Teori
Sosiologi: Klasik dan Modern, Jilid 1,, Diindonesikan Oleh; Robert M.Z.
Lawang, Jakarta:
PT Gramedia.
Johnson, Doyle Paul (1986b) Teori
Sosiologi: Klasik dan Modrn, Jilid 2, Diindonesikan Oleh; Robert M.Z.
Lawang, Jakarta:
PT Gramedia.
Kaplan, Abraham (1964) The Conduct of
Inquiry, San Francisco: Chandler Publishing Company.
Kaplan,D., dan Manners, A.A. (1999) Teori
Budaya, Terjemahan Landung
Simatupang, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kartodirdjo, Sartono (1992) Pendekatan
Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah, Jakarta:
PT Gramedia.
Kuntowijoyo, (1999) Pengantar Ilmu
Sejarah, Edisi Ketiga, Yogyakarta: Yayasan
Bentang Budaya.
Keynes, J.M. (1936) The General
Theory of Employment Interst and Money, London: Mmcmillan
Keesing Robert, M. (1981) Cultural
Anthropology: Contemporary Perspective, New York: Holt, Rinehart. And Winston.
Kennedy, Paul (1995), Menyiapkan Diri
Menghadapi Abad Ke-21, Penerjemah Yayasan Obor Indonesia
(Maimoen S), Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Khaldun, Ibnu (1284 H) Al-Muqqadimah,
Kairo: al-Maktabah al-Tijariyyah al-Kubra.
Koentjaraningrat,
(1990) Sejarah Teori Antropologi,
Jilid 2, Jakarta: Universitas Indonesia
Press.
Koentjaraningrat
(1987) Sejarah Teori Antropologi, Jilid 1, Jakarta: Univesitas Indonesia
Press.
Koentjaraningrat
(1981) Pengantar Ilmu Antropologi, Jakarta: Rineka Cipta .
Kuntowijoyo,
(1999) Pengantar Ilmu Sejarah, Edisi Ketiga, Yogyakarta: Yayasan Bentang
Budaya.
Kupper,
Adam (2000a) ”Antropologi” dalam Adam Kuper dan Jessica Kupper (ed) Ensiklopedi
Ilmu-ilmu Sosial, Diterjemahkan Oleh Haris Munandar dkk, Jakarta: Raja Grafindo Persada, hlmn. 29-33.
Kumar, Krishan, (2000) Masyarakat Sipil
atau Madani dalam Kuper, Adam & Kuper, Jesica, (ed) (2000) Ensiklopedi
Ilmu-ilmu Sosial, Jilid I, Diterjemahkan Oleh Haris Munandar dkk, Jakarta:
Raja Grafindo Persada, halaman 113-115.
Kuntjoro-Jakti, Dodjatun (1980)
“Birokrasi di Dunia Ketiga, dalam Prisma, No.10 Oktober 1980 TahunIX, Jakarta:LP3ES, hlm. 3-8.
Kun, Thomas.S. (1970) The Structure
of Sientific Revolutin, 2nd edition, Chicago: University of Chicago Press.
Laeyendecker, L. (1991) Tata,
Perubahan, dan Ketimpangan: Suatu Pengantar Sejarah Sosiologi,
Penerjemah Samekto SS, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Laswel, Harold (1950) Politics, Who
gets What, When, How, New York:
World Publishing.
Losco, Joseph dan Williams, Leonard
(2005) Political Theory: Kajian Klasik dan Kontemporer, Penerjemah Haris
Munandar, Jakarta:
Raja Grafindo Persada.
Notosusasnto, Nugroho, (1971) Norma2
Dasar Penelitian dan Penulisan Sejarah, Djakarta:
Dephankam Pusdjarah ABRI.
Notosusanto, Nugroho (1979) Sejarah
Demi Masa Kini, Jakarta: Universitas Indonesia
Press.
Ohmae, Kenichi (2002) Hancurnya
Negara-Bangsa, Bangkitnya Negara Kawasan dan Geliat Ekonomi Regional di Dunia
tak Terbatas, Penerjemah Ruslani, Yogyakarta:
Qalam
Ogburn, W.F. & Nimkoff, M.F. (1959) A
Hanbook of Sociology, London:
Routledge & Kegan Paul,Ltd.
Ogburn, William,F. (1964) Social
Change with Respect to Culture and Original Nature, Gloucester, Mass: Peter Smith
Parsons, Talcott dan Shils, Edward.A.,
(1951a) Toward A General Theory of Action, New York: Harper & Row.
Popenoe, David, (1983) Sociology,
Fifth Edition, Englewood Cliffs, New Jersey:
Prentice-Hall, Inc.
Popper, Karl, R. (1968) The Logic of
Scientific Discovery, New York:
Science Editions.
Samsuddin,H. (1996) Metodologi Sejarah, Jakarta: Departemen
Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Proyek
Pendidikan Tenaga Akademik,
Samuelson, Paul,A. dan Nordhaus, William,D. (1990) Ekonomi,
Jilid 1, Diterjemahkan Oleh Jaka Wasana, Jakarta: Erlangga.
Sarwono, Sarlito, W. (1995) Teori-teori
Psikologi Sosial, Jakarta:
PT Raja Grafindo Persada.
Satradipoera, Komaruddin (2001) Sejarah
Pemikiran Ekonomi: Suatu Pengantar Teori dan Kebijaksanaan Ekonomi, Bandung: Kappa-Sigma.
Schmandt, Henry.J. (2002) Filsafat
Politik: Kajian Historis dari Zaman Yunani Kuno Sampai Zaman Modern, Penerjemah:
Ahmad Baidlowi dan Imam Bahehaki, Yogyakarta:
Pustaka Pelajar.
Soekanto, Soerjono, (1984) Teori
Sosiologi Tentang Perubahan Sosial, Jakarta:
Ghalia Indonesia.
Soekanto, Soerjono, (1986) Sosiologi:
Suatu Pengantar, Jakarta: Penerbit CV.Rajawali Press.
Spencer, Metta dan Inkeles Alex, (1982) Foundations
of Modern Sociology, Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice Hall, Inc.
Storper, M. dan Scott, A.J. (eds) (1992) Pathways to Indistrialization and Regional
Development, London: Oxford
University Press.
Sumaatmadja, Nursid (1988) Studi
Geografi: Suatu Pendekatan dan Analisa Keruangan, Bandung: Alumni.
Supardan,
Dadang (2008) Pengantar Ilmu Sosial:
Sebuah Kajian Pendekatan Struktural, Jakarta: Bumi Aksara.
Supardan,
Dadang, (2004) Pembelajaran Sejarah Berbasis Pendekatan Multikultural dan
Perspektif Sejarah Lokal, Nasional, Global, Untuk Integrasi Bangsa (Studi Kuasi
Eksperimentl Terhadap Siswa SMU di Kota Bandung), Disertasi Doktor, UPI
Bandung.
Supardan,
Dadang (2000) Kreativitas Guru Sejarah dalam Pembelajaran Sejarah (Studi
Deskriptif-Analitik terhadap Guru dan Implikasinya untuk Program Pengembangan
Kreativitas Guru Sejarah Sekolah Menengah Umum di Kota Bandung, Tesis Untuk
Memperoleh Gelar Magister Pendidikan, Program Pascasarjana UPI Bandung.
Swasono,
Sri-Edi (1986) “Transmigrasi di Indonesia: Suatu Reorientasi” dalam Sri-Edi
Swasono dan Masri Singarimbun, Transmigrasi Di Indonesia 1905-1985, Jakarta: UI Press, hlm.330-344.
Taylor,
Peter, J. (2000) “Geografi Politik” dalam Adam Kupper & Jessica Kupper, Ed.
Ensiklopedi Ilmu-ilmu Sosial, Diterjemahkan Haris Munandar dkk. Jakarta:
PT Raja Grafindo Persada., hlmn 782-784.
The Liang
Gie (1999) Pengantar Filsafat Ilmu,
Edisi Kedua, Yogyakarta: Liberty.
Wallerstein, Immanuel (1974) The Modern
Word System, New York:
Longman.
Wallerstein, Immanuel, (1996) “Ekonomi
Dunia Kapitalis” dalam Roy C. Macridis dan Bernard E. Brown (Ed), Perbandingan
Politik, Alih Bahasa: Henry
Sitanggang, Jakarta:
Erlangga.
Wallerstein, Immanuel, (1997) Lintas
Batas Ilmu Sosial, Alih Bahasa: Oscar, Yogyakarta:
LkiS.
Winardi, (1987) Pengantar Ekonomi
Moneter, Buku-1, Bandung:
Tarsito.
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
PENGANTAR ILMU SOSIAL
(LOGO)
DISUSUN OLEH:
DR. H. DADANG SUPARDAN, M.PD.
DRS. WAHYU ERIDIANA, M.SI.
FAKULTAS PENDIDIKAN ILMU PENGEAHUAN SOSIAL
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
2007
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
Kode & Nama Mata Kuliah : IPS 501 /
Pengantar Ilmu Sosial
Topik Bahasan : Pengertian ilmu, ilmu sosial, kebenaran
ilmiah
Tujuan Pembelajaran Umum : Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian ilmu,
ruang lingkup ilmu sosial,
metode ilmiah, dan kebenaran ilmiah.
Jumlah Pertemuan : Satu (satu kali)
Pertemuan
|
Tujuan pembelajaran khusus (performansi/indikator
|
Sub pokok bahasan & rincian materi
|
Proses pembelajaran
(Kegiatan Mahasiswa)
|
Tugas dan Evaluasi
|
Media dan Buku Sumber
|
1
|
1.
Mahasiswa dapat membedakan pengertian ilmu dengan
pengetahuan.
2.
Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian dan ruang
lingkup ilmu sosial.
3.
Mahasiswa dapat menjelaskan struktur ilmu
4.
Mahasiswa dapat menjelaskan perbedaan antara metode
ilmiah dengan dan kebenaran ilmiah
|
1. Pengertian ilmu.
2. Pengertian Ilmu Sosial
& R.Lingkupnya
3. Struktur Ilmu
Pengetahuan (fakta, konsep, generalisasi, dan teori).
4. Metode Ilmiah dan
Kebenaran Imiah
|
1. Menyimak perkuliahan
2. mengerjakan tugas
3. tanya jawab
4. diskusi
|
Menjawab pertanyaan-pertanyaan
|
a.
Media: OHP
b.
Buku Sumber
1. Dadang Supardan
Hal 1-70
2. James Bank, 1977
3. Joseph Schwab (1969)
4. I.Wallerstein (1996)
5.The Liang Gie (1999)
|
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
Kode & Nama Mata Kuliah :
IPS 501 / Pengantar Ilmu Sosial
Topik Bahasan : Pengertian ilmu, ilmu sosial, kebenaran
ilmiah
Tujuan Pembelajaran Umum : Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian dan
ruang lingkup sosiologi serta pendekatan,
metode, teknik, jenis penelitian
manfaat, dan hubungan sosiologi dg.ilmu sosial lain.
Jumlah Pertemuan : dua kali
Pertemuan
|
Tujuan pembelajaran khusus (performansi/indikator
|
Sub pokok bahasan & rincian materi
|
Proses pembelajaran
(Kegiatan Mahasiswa)
|
Tugas dan Evaluasi
|
Media dan Buku Sumber
|
1
|
1. Mahasiswa dapat
menjelaskan ruang lingkup sosiologi.
2. Mahasiswa dapat
menjelaskan pendekatan, metode, teknik, dan jenispenelitian sosiologi.
3. Mahasiswa dapat
menjelaskan manfaat sosiologi.
4. Mahasiswa dapat
menjelaskan hubungan sosiologi dengan ilmu sosial lainnya.
|
1. raung lingkup
sosiologi.
2. pendekatan, metode,
teknik, jenis penelitian sosiologi.
3. manfat sosiologi.
5. hubungan sosiologi dg
ilmu sosial lannya.
|
1.Menyimak
perkuliahan
2.mengerjakan tugas
3.tanya jawab
4.diskusi
|
1. Presentasi makalah
tugas.
2. Menjawab
pertanyaan-
pertanyaan
|
c.
Media: OHP
d.
Buku Sumber
1. Dadang Supardan
Hal 1-70
2. James Bank, 1977
3. Soerjono Soekanto
(1986)
4. David Popenoe (1996)
5.Metta Spencer (1986)
|
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
Kode & Nama Mata Kuliah :
IPS 501 / Pengantar Ilmu Sosial
Topik Bahasan : Struktur Ilmu Sosiologi
Tujuan Pembelajaran Umum : Mahasiswa dapat menjelaskan struktur ilmu
sosiologi (fakta, konsep, generalisasi, dan
teori)
sosiologi.
Jumlah Pertemuan : dua kali
Pertemuan
|
Tujuan pembelajaran khusus (performansi/indikator
|
Sub pokok bahasan & rincian materi
|
Proses pembelajaran
(Kegiatan Mahasiswa)
|
Tugas dan Evaluasi
|
Media dan Buku Sumber
|
1
|
1.Mahasiswa dapat
menjelaskan pengertian dan contoh fakta-fakta
sosial dalam sosiologi
2. Mahasiswa dapat
menjelaskan konsep-konsep dalam sosiologi
3. Mahasiswa dapat
menjelaskan generalisasi-generalisasi dalam sosiologi.
4. Mahasiswa
dapatmenjelaskan teori-teori sosiologi.
|
1. Fakta-fakto sosial
2. Konsep-konsep
sosiologi.
3. Generalisasi-generalisasi
sosiologi.
4.Teori-teori sosiologi.
|
1. Menyimak perkuliahan
2. mengerjakan tugas
3. tanya jawab
4. diskusi
|
Menjawab pertanyaan-pertanyaan dan menyajikan makalah (tugas)
|
e.
Media: OHP
f.
Buku Sumber
1. Dadang Supardan
Hal 1-70
2. James Bank, 1977
3. D. Paul Jonson
(1986)
4. Paul Horton (1991)
|
SATUAN ACARA
PERKULIAHAN
Kode & Nama Mata Kuliah :
IPS 501 / Pengantar Ilmu Sosial
Topik Bahasan : Struktur Ilmu Sosiologi
Tujuan Pembelajaran Umum : Mahasiswa dapat menjelaskan struktur ilmu
sosiologi (fakta, konsep, generalisasi, dan
teori) sosiologi.
Jumlah Pertemuan : dua kali
Pertemuan
|
Tujuan pembelajaran khusus (performansi/indikator
|
Sub pokok bahasan & rincian materi
|
Proses pembelajaran
(Kegiatan Mahasiswa)
|
Tugas dan Evaluasi
|
Media dan Buku Sumber
|
1
|
1.Mahasiswa dapat
menjelaskan pengertian dan contoh fakta-fakta
sosial dalam sosiologi
2. Mahasiswa dapat
menjelaskan konsep-konsep dalam sosiologi
3. Mahasiswa dapat
menjelaskan generalisasi-generalisasi dalam sosiologi.
4. Mahasiswa
dapatmenjelaskan teori-teori sosiologi.
|
4. Fakta-fakto sosial
5. Konsep-konsep
sosiologi.
6. Generalisasi-generalisasi
sosiologi.
4.Teori-teori sosiologi.
|
1. Menyimak perkuliahan
5. mengerjakan tugas
6. tanya jawab
7. diskusi
|
Menjawab pertanyaan-pertanyaan dan menyajikan makalah (tugas)
|
g.
Media: OHP
h.
Buku Sumber
1. Dadang Supardan
Hal 1-70
2. James Bank, 1977
3. D. Paul Jonson
(1986)
4. Paul Horton (1991)
|
SATUAN ACARA
PERKULIAHAN
Kode & Nama Mata Kuliah :
IPS 501 / Pengantar Ilmu Sosial
Topik Bahasan : Struktur Ilmu Sosiologi
Tujuan Pembelajaran Umum : Mahasiswa dapat menjelaskan struktur ilmu
sosiologi (fakta, konsep, generalisasi, dan
teori) sosiologi.
Jumlah Pertemuan : dua kali
Pertemuan
|
Tujuan pembelajaran khusus (performansi/indikator
|
Sub pokok bahasan & rincian materi
|
Proses pembelajaran
(Kegiatan Mahasiswa)
|
Tugas dan Evaluasi
|
Media dan Buku Sumber
|
1
|
1.Mahasiswa dapat
menjelaskan pengertian dan contoh fakta-fakta
sosial dalam sosiologi
2. Mahasiswa dapat
menjelaskan konsep-konsep dalam sosiologi
3. Mahasiswa dapat
menjelaskan generalisasi-generalisasi dalam sosiologi.
4. Mahasiswa
dapatmenjelaskan teori-teori sosiologi.
|
7. Fakta-fakto sosial
8. Konsep-konsep
sosiologi.
9. Generalisasi-generalisasi
sosiologi.
4.Teori-teori sosiologi.
|
1. Menyimak perkuliahan
8. mengerjakan tugas
9. tanya jawab
10. diskusi
|
Menjawab pertanyaan-pertanyaan dan menyajikan makalah (tugas)
|
i.
Media: OHP
j.
Buku Sumber
1. Dadang Supardan
Hal 1-70
2. James Bank, 1977
3. D. Paul Jonson
(1986)
4. Paul Horton (1991)
|
SATUAN ACARA
PERKULIAHAN
Kode & Nama Mata Kuliah :
IPS 501 / Pengantar Ilmu Sosial
Topik Bahasan : Struktur Ilmu Sosiologi
Tujuan Pembelajaran Umum : Mahasiswa dapat menjelaskan struktur ilmu
sosiologi (fakta, konsep, generalisasi, dan
teori)
sosiologi.
Jumlah Pertemuan : dua kali
Pertemuan
|
Tujuan pembelajaran khusus (performansi/indikator
|
Sub pokok bahasan & rincian materi
|
Proses pembelajaran
(Kegiatan Mahasiswa)
|
Tugas dan Evaluasi
|
Media dan Buku Sumber
|
1
|
1.Mahasiswa dapat
menjelaskan pengertian dan contoh fakta-fakta
sosial dalam sosiologi
2. Mahasiswa dapat
menjelaskan konsep-konsep dalam sosiologi
3. Mahasiswa dapat
menjelaskan generalisasi-generalisasi dalam sosiologi.
4. Mahasiswa
dapatmenjelaskan teori-teori sosiologi.
|
10.
Fakta-fakto sosial
11.
Konsep-konsep sosiologi.
12.
Generalisasi-generalisasi sosiologi.
4.Teori-teori sosiologi.
|
1. Menyimak perkuliahan
11. mengerjakan tugas
12. tanya jawab
13. diskusi
|
Menjawab pertanyaan-pertanyaan dan menyajikan makalah (tugas)
|
k.
Media: OHP
l.
Buku Sumber
1. Dadang Supardan
Hal 1-70
2. James Bank, 1977
3. D. Paul Jonson
(1986)
4. Paul Horton (1991)
|
SATUAN ACARA
PERKULIAHAN
Kode & Nama Mata Kuliah :
IPS 501 / Pengantar Ilmu Sosial
Topik Bahasan : Struktur Ilmu Sosiologi
Tujuan Pembelajaran Umum : Mahasiswa dapat menjelaskan struktur ilmu
sosiologi (fakta, konsep, generalisasi, dan
teori) sosiologi.
Jumlah Pertemuan : dua kali
Pertemuan
|
Tujuan pembelajaran khusus (performansi/indikator
|
Sub pokok bahasan & rincian materi
|
Proses pembelajaran
(Kegiatan Mahasiswa)
|
Tugas dan Evaluasi
|
Media dan Buku Sumber
|
1
|
1.Mahasiswa dapat
menjelaskan pengertian dan contoh fakta-fakta
sosial dalam sosiologi
2. Mahasiswa dapat
menjelaskan konsep-konsep dalam sosiologi
3. Mahasiswa dapat
menjelaskan generalisasi-generalisasi dalam sosiologi.
4. Mahasiswa
dapatmenjelaskan teori-teori sosiologi.
|
13.
Fakta-fakto sosial
14.
Konsep-konsep sosiologi.
15.
Generalisasi-generalisasi sosiologi.
4.Teori-teori sosiologi.
|
1. Menyimak perkuliahan
14. mengerjakan tugas
15. tanya jawab
16. diskusi
|
Menjawab pertanyaan-pertanyaan dan menyajikan makalah (tugas)
|
m.
Media: OHP
n.
Buku Sumber
1. Dadang Supardan
Hal 1-70
2. James Bank, 1977
3. D. Paul Jonson
(1986)
4. Paul Horton (1991)
|
SATUAN ACARA
PERKULIAHAN
Kode & Nama Mata Kuliah :
IPS 501 / Pengantar Ilmu Sosial
Topik Bahasan : Struktur Ilmu Sosiologi
Tujuan Pembelajaran Umum :
Mahasiswa dapat menjelaskan struktur ilmu sosiologi (fakta, konsep,
generalisasi, dan
teori) sosiologi.
Jumlah Pertemuan : dua kali
Pertemuan
|
Tujuan pembelajaran khusus (performansi/indikator
|
Sub pokok bahasan & rincian materi
|
Proses pembelajaran
(Kegiatan Mahasiswa)
|
Tugas dan Evaluasi
|
Media dan Buku Sumber
|
1
|
1.Mahasiswa dapat
menjelaskan pengertian dan contoh fakta-fakta
sosial dalam sosiologi
2. Mahasiswa dapat
menjelaskan konsep-konsep dalam sosiologi
3. Mahasiswa dapat
menjelaskan generalisasi-generalisasi dalam sosiologi.
4. Mahasiswa
dapatmenjelaskan teori-teori sosiologi.
|
16.
Fakta-fakto sosial
17.
Konsep-konsep sosiologi.
18.
Generalisasi-generalisasi sosiologi.
4.Teori-teori sosiologi.
|
1. Menyimak perkuliahan
17. mengerjakan tugas
18. tanya jawab
19. diskusi
|
Menjawab pertanyaan-pertanyaan dan menyajikan makalah (tugas)
|
o.
Media: OHP
p.
Buku Sumber
1. Dadang Supardan
Hal 1-70
2. James Bank, 1977
3. D. Paul Jonson
(1986)
4. Paul Horton (1991)
|
SATUAN ACARA
PERKULIAHAN
Kode & Nama Mata Kuliah :
IPS 501 / Pengantar Ilmu Sosial
Topik Bahasan : Struktur Ilmu Sosiologi
Tujuan Pembelajaran Umum : Mahasiswa dapat menjelaskan struktur ilmu
sosiologi (fakta, konsep, generalisasi, dan
teori) sosiologi.
Jumlah Pertemuan : dua kali
Pertemuan
|
Tujuan pembelajaran khusus (performansi/indikator
|
Sub pokok bahasan & rincian materi
|
Proses pembelajaran
(Kegiatan Mahasiswa)
|
Tugas dan Evaluasi
|
Media dan Buku Sumber
|
1
|
1.Mahasiswa dapat
menjelaskan pengertian dan contoh fakta-fakta
sosial dalam sosiologi
2. Mahasiswa dapat
menjelaskan konsep-konsep dalam sosiologi
3. Mahasiswa dapat
menjelaskan generalisasi-generalisasi dalam sosiologi.
4. Mahasiswa
dapatmenjelaskan teori-teori sosiologi.
|
19.
Fakta-fakto sosial
20.
Konsep-konsep sosiologi.
21.
Generalisasi-generalisasi sosiologi.
4.Teori-teori sosiologi.
|
1. Menyimak perkuliahan
20. mengerjakan tugas
21. tanya jawab
22. diskusi
|
Menjawab pertanyaan-pertanyaan dan menyajikan makalah (tugas)
|
q.
Media: OHP
r.
Buku Sumber
1. Dadang Supardan
Hal 1-70
2. James Bank, 1977
3. D. Paul Jonson
(1986)
4. Paul Horton (1991)
|
SATUAN ACARA
PERKULIAHAN
Kode & Nama Mata Kuliah :
IPS 501 / Pengantar Ilmu Sosial
Topik Bahasan : Struktur Ilmu Sosiologi
Tujuan Pembelajaran Umum : Mahasiswa dapat menjelaskan struktur ilmu
sosiologi (fakta, konsep, generalisasi, dan
teori)
sosiologi.
Jumlah Pertemuan : dua kali
Pertemuan
|
Tujuan pembelajaran khusus (performansi/indikator
|
Sub pokok bahasan & rincian materi
|
Proses pembelajaran
(Kegiatan Mahasiswa)
|
Tugas dan Evaluasi
|
Media dan Buku Sumber
|
1
|
1.Mahasiswa dapat
menjelaskan pengertian dan contoh fakta-fakta
sosial dalam sosiologi
2. Mahasiswa dapat
menjelaskan konsep-konsep dalam sosiologi
3. Mahasiswa dapat
menjelaskan generalisasi-generalisasi dalam sosiologi.
4. Mahasiswa
dapatmenjelaskan teori-teori sosiologi.
|
22.
Fakta-fakto sosial
23.
Konsep-konsep sosiologi.
24.
Generalisasi-generalisasi sosiologi.
4.Teori-teori sosiologi.
|
1. Menyimak perkuliahan
23. mengerjakan tugas
24. tanya jawab
25. diskusi
|
Menjawab pertanyaan-pertanyaan dan menyajikan makalah (tugas)
|
s.
Media: OHP
t.
Buku Sumber
1. Dadang Supardan
Hal 1-70
2. James Bank, 1977
3. D. Paul Jonson
(1986)
4. Paul Horton (1991)
|
0 Response to "SILABUS,SAP DAN HAND OUT PENGANTAR ILMU SOSIAL"
Post a Comment